Ayam Mati Diduga Akibat Terserang Flu Burung Atau Avian influenza

Ayam Mati Diduga Akibat Terserang Flu Burung
Ayam Mati Diduga Akibat Terserang Flu Burung

radartvnews.com – Kematian ratusan ekor ayam secara mendadak membuat warga di Kecamatan Sidomulyo Kabupaten Lampung Selatan panik, hanya dalam waktu sehari penyakit yang diduga virus flu burung atau Avian Influenza ini telah menyebar dan menyebakan kematian unggas.

Sebelumnya ayam yang sehat mendadak lemas dan mengeluarkan lendir dari mulut dan hidung, gejala terkadang tidak diketahui warga karena menyerang pada malam hari.

Warga berharap agar Dinas peternakan Kabupaten setempat segera melakukan peninjauan untuk segera memberikan obat-obatan guna untuk melakukan pencegahan.

Kini kandang ayam milik warga kosong, hanya tersisa beberapa ekor unggas yang masih hidup, itupun dikhawatirkan bakal mati satu atau dua hari lagi.

Kematian unggas yang diduga akibat virus flu burung ini langsung
mendapatkan tanggapan serius dari aparat desa, sebab
dikhawatirkan dapat menimbulkan kematian ayam yang lebih banyak atau kematian terhadap manusia.

Aparat desa langsung  berkoordinasi dengan pihak KUPT peternakan untuk menanggulangi penyebaran penyakit yang menyebabkan kematian pada unggas warganya.

Meski Dinas terkait telah memberikan Vaksin dan juga Disinfectan guna mengatasi kematian unggas mendadak di desa Sidomulyo ini, namun belum dilakukan penyemprotan.

Dalam waktu dekat ini petugas Dinas peternakan akan melakukan upaya Vaksin terhadap sejumlah unggas milik warga agar tidak menyebar pada unggas lain nya.

Hingga saat  ini belum ada pemeriksaan terhadap bangkai ternak unggas  yang mati mendadak, warga sendiri langsung menguburkan ternaknya yang mati karena khawatir terjangkit kepada unggas lainnya.(ma’i/jef)