Ayo Jadikan Sumpah Pemuda Sebagai Momentum Perjuangan Untuk Kemajuan Dan Kemakmuran Bangsa

Ayo Jadikan Sumpah Pemuda Sebagai Momentum Perjuangan Untuk Kemajuan Dan Kemakmuran Bangsa
Wagub Bachtiar Basri Memberikan Penghargaan Bagi Pemuda Pemudi Lampung yang berprestasi, foto:humas pemprov lampung

radartvnews.com – Tokoh-tokoh pemuda di seluruh penjuru negeri dan mancanegara diharapkan untuk tetap berjuang dan berupaya sekuat tenaga demi kemajuan dan kemakmuran Bangsa Indonesia dan terus menjaga keutuhan Negara Republik Indonesia. Demikian disampaikan dalam sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga RI Imam Nahrawi yang dibacakan oleh Wakil Gubernur Lampung Bachtiar Basri dalam Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-88 Republik Indonesia Tahun 2016 di Lapangan Korpri Kantor Gubernur, Jumat (28/10/2016).

Dalam sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga RI Imam Nahrawi yang dibacakan oleh Wakil Gubernur Lampung Bachtiar Basri mengatakan, dalam waktu dekat ini mulai Tahun 2020 sampai 2035, Indonesia akan menikmati suatu era yang langka disebut dengan Bonus Demografi. Dimana jumlah usia produktif Indonesia diproyeksikan berada pada grafik tertinggi dalam sejarah bangsa ini, yaitu mencapai 64% dari total jumlah penduduk Indonesia sebesar 297 juta jiwa.

Menurutnya Bonus Demografi menjadi windows opportunity (peluang) yang sangat strategis bagi sebuah negara untuk dapat melakukan percepatan pembangunan ekonomi dengan dukungan ketersediaan sumber daya manusia usia produktif dalam jumlah yang cukup signifikan.

Namun demikian sebagaimana refleksi Pidato Bung Karno “Beri aku 1.000 orang tua, niscaya akan kucabut Semeru dari akarnya, Beri aku 10 pemuda niscaya akan kuguncangkan dunia”, maka sejatinya jumlah besar tidaklah cukup untuk bisa membawa bangsa ini menjadi bangsa yang maju dan diperhitungkan di kancah dunia tetapi dibutuhkan pemuda-pemudi unggul yang memiliki kualitas dan visi yang besar dalam menatap dunia.

“Untuk itu melalui peringatan hari Sumpah Pemuda ini, kami menyampaikan salam hangat bagi Tokoh-tokoh pemuda di seluruh penjuru negeri dan mancaegara diharapkan untuk tetap berjuang dan berupaya sekuat tenaga demi kemajuan dan kemakmuran Bangsa Indonesia dan terus menjaga keutuhan Negara Republik Indonesia”, jelasnya.

Lebih lanjut Wakil Gubernur Lampung Bachtiar Basri juga mengungkapkan bagaimana saat ini Pemuda Indonesia berhasil mengantarkan Indonesia di kancah Internasional diantaranya Rio Haryanto meraih level tertinggi balap mobil internasional F.1, Owi-Butet meraih Medali Emas Cabang Olahraga Bulutangkis di Olimpiade Rio De Jenerio, Joe Taslim dan Livi Zheng yang berhasil mengguncang panggung perfilman Hollywood, Sandy Sundoro berhasil menyabet penghargaan Internasional Contest of Young Pop Singer di Latvia, dan Gamal Ali Bin Said di bidang teknologi informasi serta Nara Masista Rakhmatia diplomat muda yang mampu mengguncang persidangan PBB karena diplomasinya yang keras, cerdas dan tegas melindungi papua dari rongrongan negara asing.

Belum lagi binis di bidang start up yang dimiliki anak-anak muda Indonesia yang potensial seperti Go-Jek, CEO Bukalapak dan lainnya yang juga dipercaya perusahaan multinasional untuk memberikan dana investasi hingga puluhan triliun rupiah. Bahkan hal ini membuat belanja online Indonesia pada Tahu 2015 telah mencapai 200 triliun lebih (Kemendag, 2015). Jika tren ini bisa dikelola dengan baik maka perekonomian Indonesia akan maju pesat.

“Tokoh-tokoh pemuda tadi hanyalah contoh untuk mengingatkan pesan Bung Karno, dengan pemuda yang hebat bisa menaklukan dunia, jumlah yang besar tidaklah cukup tanpa diimbangi dengan kualitas yang baik. Tugas kita semua untuk menjadikan Bonus Demografi ini memiliki makna bagi percepatan pembangunan di Indonesia”, jelasnya.

Dalam hal prestasi pemuda-pemuda Provinsi Lampung juga memiliki hal yang patut dibanggakan. Atas prestasinya tersebut Pemuda Berprestasi Tingkat Provinsi Lampung turut mendapatkan penghargaan dari Gubernur Lampung yang diberikan pada Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-88 Tahun 2016 Tingkat Provinsi Lampung ini.

Adapun pemberian penghargaan tersebut diberikan kepada Rudi Hartono asal Lampung Timur dengan prestasi Juara 1 Pemuda Pelopor Tingkat Provisi Lampung dengan Bidang Kepeloporan Pariwisata, lalu Juara II diberikan kepada Jumadi asal Kabupaten Way Kanan dengan Bidang Kepeloporan Budaya dan Juara III diberikan kepada Zupika Audina asal Kabupaten Mesuji dengan Bidang Kepeloporan Pangan, bahkan Zupika pun turut mendapatkan penghargaan sebagai Juara Harapan II Tingkat Nasional sebagai Pemuda Pelopor Bidang Pangan.

Dalam kesempatan peringatan sumpah pemuda Gubernur Lampung juga memberikan penghargaan dalam bidang Pemilihan Pemuda Mandiri Perdesaan Berprestasi Tingkat Provinsi Lampung dengan Juara I diberikan kepada Hamdan Dewi Maisatri asal Kota Metro dengan jenis usaha Budidaya Ikan dan Kuliner, Juara II diberikan kepada Citra Wijaya asal Kabupaten Mesuji dengan jenis usaha Kerupuk Biji Karet, dan Juara III diberikan kepada Anijar Simanullang asal Kota Metro dengan jenis usaha Kostrad Snack. Diharapkan penghargaan ini dapat memotivasi pemuda-pemuda lainnya untuk dapat berprestasi baik di Tingkat Nasional maupun Tingkat Internasional.(Rls/Min)