Bachtiar Basri Himbau SKPD serius Mengembangkan Kambing Saburai

Wakil Gubernur Lampung Bachtiar Basri menegaskan bahwa seluruh SKPD terkait di Lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung harus serius dan fokus dalam pengembangan Kambing Saburai di Provinsi Lampung. Demikian disampaikan dalam Rapat Koordinasi Percepatan Pengembangan Kambing Saburai di Provinsi Lampung, di ruang rapat Wakil Gubernur Lampung, Selasa (19/07/2016).

Dalam arahannya Wakil Gubernur Lampung Bachtiar Basri menjelaskan bahwa dalam rangka mendukung Lampung sebagai Provinsi Lumbung Daging Nasional, Pemerintah Provinsi Lampung telah mengembangkan Inovasi Kambing Saburai yang merupakan kambing hasil persilangan antara Kambing Pejantan Boer dengan Kambing Betina Peranakan Rapat (PE).

Bahkan Inovasi ini telah mengantarkan Pemerintah Provinsi Lampung mendapatkan Penghargaan Budhipura pada Tahun 2015 kategori penguatan kembagaan Sistem Inovasi Daerah (Sida).

“Kambing Saburai merupakan icon Lampung sehingga semua pihak harus bener-benar serius dan fokus dalam pengembangannya sehingga hasilnya maksimal, tidak hanya ramai secara teori tetapi juga dalam pelaksanaannya di lapangan”, ujarnya.

Lebih lanjut Wakil Gubernur Lampung menjelaskan bahwa keseriusan dalam pengembangan Kambing Saburai tersebut harus dibuktikan dengan ketersediaan anggaran dalam pengadaan bibit unggul serta dukungan dari seluruh pihak di Lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung bahkan hingga Pemerintah Kabupaten/Kota se- Provinsi Lampung.

“Ini merupakan program bersama sehingga perlu komitmen yang besar baik dari sektor anggaran maupun dukungan dari Kepala Daerah dan jajaran di Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung”, jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Lampung Dessy Romas menjelaskan bahwa saat ini wilayah pengembagan Kambing Saburai berada d Kabupten Tanggamus, Pringsewu dan Pesawaran. Kedepan akan dikembangkan di wilayah Kabupaten/Kota lainnya di Provinsi Lampung.

Sementara Kepala Balitbangnovda Mulyadi Irsan bersama Dewan Riset Daerah Provinsi Lampung Jurusan Peternakan Unila Erwanto mengatakan bahwa pihaknya terus berusaha melakukan rekomendasi program untuk pengembangan ternak kambing saburai di Provinsi Lampung.

Pihaknya mengaku akan segera melakukan program pengadaan bibit unggul, pengembangan dan kerjasama kemitraan, festival kambing saburai, teknologi pascapane dan industri pengolahan produk kambing saburai, gerakan penanaman pakan berprotein serta dukungan kebijakan dan regulasi menunjang pengembangan ternak Kambing Saburai.

“Kami akan terus melakukan pengembangan program dalam rangka percepatan pengembangan Kambing Saburai di Provinsi Lampung”, jelasnya.

Dalam rapat ini turut dihadiri Staf Ahli dan sejumlah Kepala SKPD terkait di Lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung serta SKPD terkait dari Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung. (min/Rls)