Scroll untuk membaca artikel
Pemprov Lampung

Bangkitkan Kesadaran Kolektif, Kompetensi dan Kualitas Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan

4
×

Bangkitkan Kesadaran Kolektif, Kompetensi dan Kualitas Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan

Share this article

radartvnews.com – Wakil Gubernur Lampung Bachtiar Basri menjadi Pembina Upacara pada Peringatan Hari Guru Nasional (HGN) Ke-71, di Lapangan PKOR Way Halim Bandar Lampung, Jum’at (25/11/2016). Upacara diikuti para Pejabat Eselon II, III, IV Pemprov. Lampung, ratusan Guru, ASN, Mahasiswa dan Pelajar.

Peringatan Hari Guru Nasional (HGN) bertema “Membangkitkan Kesadaran Kolektif Guru dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan” juga dirangkai dengan Hari Ulang Tahun PGRI Ke-71.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Prof. DR. Muhadjir Effendi, MAP melalui sambutan tertulis yang dibacakan Wakil Gubernur menyampaikan, sejak ditetapkan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005, tentang Guru dan Dosen, maka secara resmi guru dinyatakan sebagai pekerja professional. Namun demikian bukan berarti sebelum itu para guru bekerja secara tidak professional. “Harus diakui bahwa hingga kini profesionalisme guru di Indonesia masih belum memenuhi harapan. Masih diperlukan upaya-upaya yang Iebih keras agar pekerjaan guru di Negara kita betul-betul sebagai pekerjaan professional di masa yang akan datang,” kata Wakil Gubernur.

Dilanjutkan, Pemerintah saat ini telah mengupayakan banyak hal agar para guru semakin professional. Pemerintah juga telah bertekad meningkatkan kesejahteraan guru melalui pemberian tunjangan profesi dan tunjangan khusus bagi guru yang sudah bersertifikat pendidik.

“Saya berharap hal ini berimplikasi nyata bagi perbaikan kompetensi dan kinerja guru. Dibuktikan dengan peningkatan mutu proses dan hasil belajar siswa. Kedepan perlu segera dirumuskan kebijakan, agar sebagian tunjangan profesi guru bisa diinvestasikan bagi peningkatan kinerja guru melalui program pelatihan dan usaha guru belajar mandiri. Profesionalisme guru, khususnya berkaitan dengan pengembangan keprofesian dan karirnya makin terus ditumbuhkembangkan,” tambah Wakil Gubernur.