Banjir Bandang dan Longsor Menerjang

Banjir Bandang dan Longsor Menerjang

Radartvnews.com- Hujan deras selama tuga jam di Desa Bakauheni, Lampung Selatan mangakibatkan banjir setinggi 50 centimeter. Warga berusaha menyelamatkan barang berharga  karena air datang dengan cepat lalu masuk ke dalam rumah.

Material lumpur dan disertai sampah masuk ke dalam pemukiman warga, beruntung tidak ada korban jiwa akibat banjjir. Namun, kerugian diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah.

Hujan terjadi sejak sore hingga senin petang kemarin, petugas basarnas lampung membantu untuk mengevakuasi warga. “hujan dari siang hingga sore kemarin airmasuk dengan cepat ke rumah,” kata,” Joni salah satu warga.

Tiga wilayah dampak terparah akibat terjangan banjir di daerah Bakauheni antara lain dusun pegantunga, kenyayan dan muara pilu, tiga dusun tersebut merupakan wilayah Desa Bakauheni Kecamatan Bakauheni, Lampung Selatan.

Selain air menerjang puluhan rumah warga, hujan deras yang terjadi Lampung Selatan selasa malam (22/1) mengakibatkan longsor yang menutup akses jalan. Anggota Kodim 0421 Lampung Selatan bersama BPBD membersihkan material longsor di dusun kepayang desa klawi Kecamatan Bakauheni, Kabupaten Lampung Selatan

Tanah longsor menutup akses jalan penghubung di dusun minangrua itu sekitar sepanjang 20 meter dengan ketinggian material longsoran 1 meter. Untuk dusun kepayang, panjang material longsoran mencapai 8 meter dengan tinggi 1 meter dan di dusun kelawi sepanjang longsoran 10 meter dengan ketinggian tanah  yang menutup badan jalan mencapai 1,5 meter.

Alat berat diterjunkan ke lokasi guna mempercepat proses pemersihan material longsor.(mai/san)