Banyak Hewan Qurban di Pesawaran Terjangkit Penyakit Demam

Menjelang hari raya idul adha 1440 hijriah, tim satuan tugas pengawasan hewan qurban dinas pertanian dan peternakan kabupaten Pesawaran melakukan pengecekan ke sejumlah lokasi penjualan hewan qurban.

Berdasarkan hasil pemeriksaaan yang dipimpin oleh kabid peternakan dan kesehatan hewan, Dedy Noviansyah mengungkapkan, bahwa hingga saat ini belum ditemukan penyakit berbahaya terhadap hewan qurban yang ada di Pesawaran, namun hanya ada sejumlah hewan yang demam cukup diberikan vitamin dan banyak minum akan membaik.

Ia menerangkan bahwa ada beberapa penyakit yang harus diantisipasi terhadap hewan qurban jenis sapi yaitu penyakit antraks dan penyakit PMK yang bisa berdampak pada ekonomis kesehatan.

Diketahui, pemeriksaan hewan qurban dilakukan serentak di sebelas kecamatan dengan menerjunkan puluhan anggota yang terdiri dari empat dokter hewan, tiga paramedic dan tujuh belas esminator. Selain itu pihaknya juga memasang label terhadap hewan qurban yang telah dinyatakan sehat dan layak di qurbankan. (Win/Wo)