Bawaslu RI: Indeks Kerawanan Pemilu, Lampung Zona Merah

76
sumber : Youtube Wakil Presiden Indonesia

Radartvnews.com- Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu ) Republik Indonesia menyatakan delapan kabupaten/kota di Lampung yang akan menggelar pilkada serentak 2020 masuk dalam daftar daerah rawan sedang hal ini terkait dengan indeks kerawanan pemilu.

Diketahui, Bawaslu mengumumkan indeks kerawanan pemilu dengan tiga kategori yakni rawan rendah berada pada skor 0-43,6, sedangkan rawan sedang dengan skor 43,07-56,94, kemudian untuk rawan tinggi dengan skor 56,95 – 100.

Secara nasional berdasarkan hasil penelitian Bawaslu rata-rata penyelenggaraan pilkada di kabupaten/kota berada dalam kategori rawan sedang dan penyelenggaraan pilkada provinsi masuk dalam kategori rawan tinggi.

Karenanya Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin meminta agar semua pihak khususnya bawaslu di daerah melakukan pencegahan pelanggaran dan meningkatkan pengawasan penyelenggaraan pilkada secara maksimal yang melibatkan semua pemangku kepentingan.

Disampaikan Wapres saat menghadiri pengumuman indeks kerawanan pemilu di Jakarta.

Sementara berdasarkan rilis yang diterima dari Bawaslu Provinsi Lampung menyatakan akan melakukan pencegahan serta pengawasan ketat pada pilkada serentak terhadap 8 kabupaten/kota di Lampung.(*)