Scroll untuk membaca artikel
Bandarlampung

BBPOM Temukan Pewarna Tekstil Dimakanan

1
×

BBPOM Temukan Pewarna Tekstil Dimakanan

Share this article
BBPOM Bandar LampungTemukan Pewarna Tekstil Dimakanan

radartvnews.com- Balai Besar Pengawasan Obat Makanan (BBPOM) Bandar Lampung menggelar sidak takjil (21/5/2018) ditiga wilayah yakni dijalan kartini, jalan ahmad yani serta pasar bambu kuning Bandar Lampung.

Diah Kusuma Kepala Seksi Mikrobiologi menjelaskan, Pelaksanaan sidak menyasar ke makanan takjil berupa bakso tusuk, jelly, es pelangi es mutiara, pacar cina, serta berbagai kue basah. Usai berkeliling meninjau berbagai jajanan yang disajikan tim sidak menuju mobil laboratorium keliling.

Dari hasil uji laboratorium terbukti terdapat makanan yang diduga mengandung zat Rhodamin B yakni zat pewarna yang biasa digunakan pada industri tekstil dan kertas, sehingga berbahaya untuk kesehatan.

“yang hari ini kita periksa 30 sample takjil, ada satu makanan yang  diduga positif mengandung zat Rhodamin B yaitu makanan pacar cina,” ujar Diah.

Setelah selesai melakukan uji lab ternyata pemilik toko yang menjual makanan yang mengandung zat Rhodamin B tersebut sudah tutup sehingga baru akan dilakukan penindakan besok.(krp/san)