Beasiswa Hafiz Quran Unila Sepi Peminat

Sebanyak  11 orang hafiz Quran yang mendaftar melalui jalur prestasi khusus, hari ini  mengikuti tes bacaan Alquran, untuk mendapatkan beasiswa yang disediakan oleh Unila.  Pemberian beasiswa ini selain sebagai wujud apresiasi Unila terhadap generasi pecinta Alquran,  namun juga untuk mewujudkan Unila menjadi Universitas yang religious.

Humas penerimaan mahasiswa baru Unila menyampaikan, meski  sebelumnya jumlah pendaftar dijalur ini sebanyak 30 orang, namun yang hadir mengikuti tes hanya 11 orang.  Selain itu menurutnya  meski para calon mahasiswa baru ini  telah lolos seleksi berkas,  namun Unila tetap melakukan tes untuk memastikan jika para peserta ini benar-benar hafiz Quran, dengan mendatangkan ustad yang juga hafiz Quran dari Yayasan Darul Fattah sebagai pengujinya.

Sementara itu salah satu peserta hafiz Quran menyebut, meski telah hafal 30 juz, namun dirinya tetap merasa tegang saat menjalani tes. Selain itu dalam tes beberapa poin penilaian yang ditekankan adalah,  kelancaran bacaan, makhorijul huruf maupun nada bacaan.

Sementara itu Universitas Lampung, terus mensuport para siswa yang ingin masuk Unila melalui jalur ini, dengan tidak membatasi jumlah kuota yang disediakan. Hal tersebut untuk mendorong para siswa SMA, baik itu dari pesantren maupun sekolah  umum mendapatkan pendidikan yang lebih tinggi. (Kuh/Wo)