Besok Jilid I Diumumkan, Rekomendasi Lima Paslon PDIP Mencuat

625
Ketua DPD PDIP Lampung Sudin membenarkan Lampung masuk dalam rekomendasi Jilid I yang akan diumumkan pasangan calon kepala daerah dan calon wakil kepala daerah

Radartvnews.com- PDI Perjuangan akan mengumumkan 48 pasangan calon kepala daerah dan calon wakil kepala daerah gelombang 1 di Pilkada serentak 2020.

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menyatakan 48 pasangan calon hasil rapat DPP yang dipimpin ketua umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

“Ketua Umum DPP PDI Perjuangan, Ibu Megawati Soekarnoputri telah menetapkan 48 pasangan calon untuk 1 pasangan calon provinsi dan 47 pasangan calon kabupaten/kota yang sebagian di antaranya akan diumumkan secara terbuka ke seluruh rakyat Indonesia,” kata Hasto.

Para calon kepala daerah gelombang 1 yang diumumkan esok (19/2/2020) sebagian besar berstatus petahana atau incumbent.

Hasto melanjutkan, pilkada sebagai momentum konsolidasi untuk memperkuat kelembagaan partai dalam menyiapkan pemimpin lokal. Para calon kepala daerah diwajibkan ikut sekolah politik yang diadakan partai.

Dengan bekal sekolah politik Hasto meminta calon kepala daerah bisa meningkatkan taraf kehidupan dan mencerdaskan masyarakat bila terpilih di Pilkada 2020.

“Partai terus menggembleng kader-kader Partai untuk menjadi pemimpin ideologis, memiliki watak nasionalis-kebangsaan, berjiwa kerakyatan guna menghadirkan kesejahteraan rakyat yang berkeadilan sosial,” kata Hasto.

PDIP telah lama berniat mengumumkan calon kepala daerah di pilkada 2020, awalnya pengumuman dilakukan 10 januari 2020  namun pengumuman ditunda karena bencana banjir melanda Jabodetabek.

sementara Sudin Ketua DPD PDI Perjuangan Lampung menjelaskan, terkait pilkada di Lampung ada beberapa kabupaten masuk dalam rekomendasi DPP gelombang satu yang akan diumumkan besok (19/2) namun Sudin masih merahasiakan nama calon yang akan diusung PDI Perjuangan pilkada serentak di delapan kabupaten kota di Lampung.

“Ya benar Lampung masuk, cuma belum tau berapa kabupaten,” jelas Sudin.

Sumber Radar Lampung TV menjelaskan, rekomendasi hampir pasti dikeluarkan oleh DPP PDI Perjuangan yakni untuk Pilwakot Bandarlampung dengan pasangan Eva Dwiana – Badri Tamam, Pilkada Lampung Selatan Nanang Ermanto – Pandu Kesumadewangsa, Pilkada Lampung Tengah  Loekman Djoyosoemarto – M. Ilyas hayani Muda, Pilkada Pesawaran  M.Nasir – Naldi Rinara, Pilwakot Metro  Anna Morinda – Fritz Akhmad Nuzir.(tim/san)