BNPB Tetapkan Status Bencana Kabupaten

BNPB Tetapkan Status Bencana Kabupaten

radartvnews.com- Kepala pusat data dan informasi masyarakat BNPB Sutopo Purwonugroho mengatakan penetapan kedua daerah itu tanggap darurat karena kerusakannya paling parah. Untuk di Pandeglang, ada 290 orang meninggal dunia, 1.143 luka, 77 hilang dan 14 ribu mengungsi. Jumlah ini sekaligus yang terbanyak dibanding wilayah terdampak lainnya.

Di sisi lain, status bencana tsunami selat sunda ialah bencana kabupaten. Dia membantah kabar status bencana menjadi tingkat nasional. Alasannya pemda setempat masih mampu mengatasi bencana dengan berkoordinasi bersama pemerintah pusat.

Untuk pandeglang tanggap darurat 14 hari dari 22 desember 2018 sampai 4 januari 2019. Sedangkan urutan kedua wilayah terdampak terparah yaitu kabupaten Lampung Selatan, yaitu 108 orang meninggal dunia, 279 luka-luka, 9 hilang dan 1.373 mengungsi. Kalau Lampung Selatan 7 hari dari 23 desember sampai 29 desember 2018.

Walau begitu, durasi penetapan status tanggap darurat bisa bertambah menyesesuaikan kondisi di lokasi bencana. Jadi status bencana kabupaten tidak ada status bencana nasional. Pemda sanggup atasi sampai rehabilitasi dan rekonstruksi.

Nantinya, Pemda bertugas disana dengan berkoordinasi bersama pemerintah pusat dan lembaga terkait.(tim/san)