Budidaya Bebek Menguntungkan

Radartvnews.com – Dodi Afriyadi sapaan akrabnya, sebelum merintis usaha budidaya bebek pedaging dan petelur, mengaku pernah fokus usaha ternak lainnya, setelah itu ia mencoba lagi bercocok tanam. Namun pilihannya kini jatuh pada usaha budidaya bebek lantaran lebih menggiurkan.

Usaha budidaya bebek sudah ia jalani selama satu tahun. Berawal dari iseng, budidaya bebek yang awalnya memiliki 100 ekor bebek, makin hari makin bertambah hingga 1500 ekor lebih. Selama setahun menekuni dunia usaha bersama rekannya sudah menikmati hasilnya.

Dalam satu hari ia dapat menghasilkan 600 butir telur bebek, dari telur itu ada yang ditetaskan menggunakan mesin penetas telur, serta telur juga ada yang dipasarkan di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Pringsewu, Pesawaran dan Bandar Lampung.

Prospek usaha bebek cukup menggiurkan, karena permintaan selalu tinggi. Selama satu bulan, budidaya bebek petelur ini, Dodi mengaku, dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah hingga 30 juta rupiah perbulan.

Dalam hal ini juga Dodi meminta kepada pemerintah setempat untuk lebih memperhatikan kepada warga yang melakukan usaha budidaya bebek. (leo/bow)