Cawapres Jokowi, MUI Lampung Jamin Netral

Ketum Cawapres Jokowi, MUI Lampung Jamin Netral

radartvnews.com- Majelis Ulama Indonesia (MUI) Lampung mengapresiasi keputusan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo yang menggandeng Ketua Umum MUI Pusat, Kh Ma’ruf Amin sebagai Calon Wakil Presiden (Cawapres) pada Pilpres 2019 mendatang.

Apresiasi ini diungkapkan secara langsung oleh Ketua MUI Provinsi Lampung Kh Khairuddin Tahmid ditemui Radarlampung TV, jumat siang (10/8)  menjelaskan, bahwa secara pribadi dan organisasi pihaknya mengapresiasi ketua umum MUI maju mendampingi Jokowi pada pilpres 2019.

Meski begitu, dirinya menegaskan bahwa secara organisasi MUI tidak diperbolehkan berpihak dan harus bersikap netral, sebab dalam aturan organisasi MUI tidak diperbolehkan terjun ke dalam kepentingan  politik kecuali secara individu pengurus MUI bisa karena memiliki hak memilih sebagai Warga Negara Indonesia .

“secara organisasi MUI tidak diperbolehkan berpihak dan harus bersikap netral, sebab dalam aturan organisasi MUI tidak diperbolehkan terjun ke dalam kepentingan  politik kecuali secara individu pengurus MUI bisa karena memiliki hak memilih sebagai WNI,” ujar Khairuddin.

Terkait Ketua Umum MUI Kh Ma’ruf Amin yang maju pada Pilpres mendatang, maka otomatis Kh Ma’ruf Amin harus mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Ketua Umum. MUI Pusat sendiri nantinya akan melakukan pembahasan internal dengan melibatkan MUI seluruh daerah untuk menentukan pengganti Ketua Umum MUI Pusat. (lih/san)