CPO Dibatasi, Ekpor Unggulan Lampung Turun

CPO Minyak Nabati Salah Satu Komiditi Unggulan Ekspor Dari Lampung Ikut Turun Sebesar 21.90 Persen

Radartvnews.com- Salah satu komoditi primadona Lampung untuk di ekspor ke luar negeri yakni CPO minyak nabati menurun. Kebijakan protektif yang diterapkan oleh negara Uni Eropa tujuan ekspor CPO Lampung kini semakin ditingkatkan menjadi penyebab turunya ekspor.

Kebijakan protektif membatasi masuknya CPO minyak nabati masuk ke negara negara Uni Eropa, sebab mereka saat ini tengah mengembangkan potensi minyak dari bunga matahari.

Ekspor CPO minyak dikhawatirkan akan semakin menurun, oleh karenanya diperlukan terobosan baru dengan mencari potensi negara tujuan ekspor baru.

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik Provinsi Lampung nilai ekspor CPO minyak nabati Lampung turun sebesar 21,50 persen di bulan maret 2019, di bulan februari pun mengalami penurunan sebesar 18,11 persen.

Secara keseluruhan BPS Provinsi Lampung merilis nilai ekspor lampung pada maret 2019 ini mengalami penurunan sebesar 25,93 juta US Dolar  dari bulan februari tercatat 245,99 juta US dolar kini di bulan maret hanya 220,06 juta US Dolar.

Tak hanya nilai ekspor Lampung yang mengalami penurunan. Nilai impor juga mengalami penurunan sebesar 8,71 juta US Dolar dari bulan februari tercatat sebesar 155,20 juta US Dolar kini di bulan maret  sebesar 146,50 juta US Dolar.(lih/ san)