Dapat Wamen, Projo Batal Bubar

Radartvnews.com – Presiden Joko Widodo resmi mengumumkan dan melantik dua belas wakil menteri untuk sebelas kementerian kabinet Indonesia Maju, dari beberapa nama yang muncul banyak dihiasi tim sukses dan relawan pasangan Jokowi – Amin pada Pilpres lalu.

Salah satunya, Ketua Umum Pro Jokowi (Projo) Budi Arie Setiadi. Diketahui, Projo sebelumnya mengencam membubarkan diri karena tak lagi dibutuhkan.

Bagi-Bagi Wakil Menteri

1. Budi Gunadi Sadikin

Budi Gunadi Sadikin dipilih Jokowi untuk menempati pos Wakil Menteri BUMN. Budi merupakan direktur utama (Dirut) PT Inalum sejak September 2017 lalu. Dia mengaku siap menanggalkan jabatannya sebagai Dirut untuk membantu pemerintahan lima tahun ke depan.

2. Wahyu Sakti Trenggono

Bendahara Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi – Amin saat Pilpres 2019, Wahyu Sakti Trenggono didapuk menjadi wakil menteri pertahanan. Trenggono akan mendampingi menteri pertahanan Probowo Subianto dalam kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024. Meski Trenggono kuat dengan background-nya sebagai pebisnis bidang telekomunikasi, alumni Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Bina Nusantara ini sempat terjun ke dunia politik sebagai bendahara Partai Amanat Nasional (PAN) yang saat itu ketua umumnya dijabat Hatta Rajasa.

3. Zainut Tauhid

Zainut Tauhid terpilih menjadi wakil menteri agama. Politisi PPP ini akan membantu kerja menteri agama Fachrul Razi. Zainut juga merupakan wakil Ketua MUI pusat.

4. Mahendra Siregar

Mahendra Siregar dipilih sebagai wakil menteri luar negeri.  Mahendra memang sudah mempunyai pengalaman di bidang ini. Ia merupakan duta besar RI untuk Amerika Serikat. Sebelumnya, Presiden Jokowi telah melantik menteri luar negeri, Retno Marsudi.

5. Jerry Sambuaga

Jerry Sambuaga dipilih sebagai wakil menteri dalam negeri. Politisi partai Golkar ini akan mendampingi menteri dalam negeri Tito Karnavian.

6. Suahasil Nazara

Suahasil Nazara dilantik menjadi wakil menteri keuangan. Kepala badan kebijakan fiskal ini akan membantu Sri Mulyani yang lebih dahulu dilantik sebagai menteri keuangan.

7. John Wempi Wetipo

Politisi PDI-P dan mantan bupati Jayawijaya dua periode ini menduduki posisi wakil menteri PUPR. Sebelumnya, Basuki Hadimuljono telah dilantik menjadi menteri PUPR pada Rabu (23/10/2019) lalu.

8. Budi Arie Setiadi

Ketua umum relawan Projo Budi Arie Setiadi dipilih sebagai wakil menteri kementerian desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT). Lulusan Universitas Indonesia ini pernah menjadi wakil ketua DPD PDI Perjuangan DKI Jakarta.

9. Alue Dohong

Deputi badan restorasi Gambu Alue Dohong terpilih menjadi Wakil Menteri Lingkungan Hidup Dan Kehutanan. Alue akan membantu kinerja Menteri Lingkungan Hidup Dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar.

10. Surya Tjandra

Politisi PSI Surya Tjandra dipilih sebagai wakil Menteri Agraria Dan Tata Ruang/BPN. Ia akan mendampingi menteri ATR/kepala BPN Sofyan Djalil.

11. Kartika Wirjoatmodjo

Dirut PT Bank Mandiri Tbk Kartika Wirjoatmodjo akan mendampingi Menteri BUMN Erick Thohir. Kartika terpilih menempati pos Wakil Menteri BUMN.

12. Angela Hary Tanoesoedibjo

Putri ketua umum partai Perindro Angela Hary Tanoesoedibjo turut mendapatkan jatah kursi. Ia didapuk sebagai Wakil Menteri Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif.

Menanggapi susunan wakil menteri yang telah dilantik presiden, akdemisi Unila Arif Sugiono mengatakan, diantara 12 nama banyak merupakan tim sukses dan relawan Jokowi – Amin pada Pilpres lalu.

Masih menurut Arif, langkah ini sebagai bentuk terimakasih presiden kepada tokoh – tokoh yang telah membantunya dalam memenangkan konstelasi Pilpres lalu. (bow/rie)