Disdukcapil Tak Siap, Hari Pertama Semrawut

Warga Berdesakan Antre Nomor Rekaman e-KTP

radartvnews.com- Saling dorong dan berdesakan, inilah yang terlihat saat ribuan warga hendak mengambil nomor antrean untuk melakukan perekaman e-KTP di Hall A Pusat Kegiatan Olahraga ( PKOR ) Wayhalim, Bandar Lampung, kamis (3/5/2018). Ribuan warga ini rela saling berdesakan hanya demi mendapatkan nomor antrean.

Sayangnya warga terlihat tak tertib, petugas yang berjaga pun terlihat kewalahan saat mengatur ribuan warga yang telah antre sejak pagi hari. Tak  hanya hendak mengambil nomor antrean panjang juga terlihat saat warga yang sudah mendapatkan nomor antrean hendak masuk melakukan perekaman e-KTP.

Sopiah (34) yang hendak mengambil nomor antre mengeluh dengan kondisi ini, pasalnya ia baru mendapatkan nomor antrean untuk melakukan perekaman pada siang hari.

“lama antri dari pagi dapatnya siang ini, tp gak apa pembuatan e-KTP memudahkan warga untuk perekaman,” ujar Sopiah.

Sementara Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil ( Disdukcapil ) Provinsi Lampung Achmad Syaefullah mengakui bahwa pihaknya kewalahan menghadapi ribuan warga yang antre untuk melakukan perekaman e-KTP.

“kami melakukan usaha semaksimal mungkin melakukan pelayanan yang terbaik kepada warga yang mengantre,” ujar Achmad.

Perekaman e-ktp dihari pertama ini juga diikuti dari berbagai usia,  seorang nenek berusia 70 tahun juga ikut melakukan perekaman e-KTP

Perekaman e-KTP massal ini merupakan Program Gerakan  Indonesia Sadar Adminduk (GISA) yang diselenggarakan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil ( Disdukcapil ) se Provinsi Lampung dengan taget 5000 warga dapat mengikuti rekaman selam tiga hari kedepan.(lih/san)