DPRD, Hibah Lahan Bandara Segera Dilakukan

Foto : Dokumen radartvnews.com

radartvnews.com- Untuk mewujudkan Bandara Radin Inten II sebagai bandara embarkasi haji penuh, pelebaran landasan pacu (runway) Bandara Radin Inten II Lampung mendesak dilakukan.

Langkah ini dilakukan sebagai antisipasi bandara harus mumpuni ketika didarati pesawat berbadan besar yang mengangkut jamaah haji asal Lampung. Saat ini lebar landasan pacu badara Radin Inten II hanya 45 meter dengan panjang 2500  meter.

Kementrian Perhubungan mematok untuk dapat di darati pesawat besar, setandar keamanan yang harus disediakan bandara adalah panjang landasan harus  3000 meter dan lebar bandara yang harus 60 meter.

Ketua DPRD Lampung Dedi Afraizal, jangan sampai timbul persepsi dari Pemprov Lampung hibah dapat dilakukan jika sudah ada kejelasan dari Kementrian dalam pembangunan.

“jika memang hibah harus secepatnya dilakukan, pemprov lampung harus mengambil langkah cepat dan akan dilakukan pembahasan oleh Pansus DPRD Lampung,” ujar Dedi (1/4).

Ototritas Bandara Radin Inten II beralasan, jika Pemprov Lampung menghibahkan tanah yang ada di dekat landasan pacu. Tahun ini pihak bandara akan mengajukan usulan  anggaran pelebaran yang dapat diajukan dan bisa dianggarkan di 2019.(bow/san)