DPT Pemilu 2019 Diperbaiki di Pleno Nasional

DPT Pemilu 2019 Diperbaiki di Pleno Nasional

radartvnews.com- Hari ini (5/9/18) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia menggelar rapat peleno rekapitulasi Daftar Pemilih Tetap untuk pemilihan umum 2019. Sementara untuk Daftar Pemilih Tetap Provinsi Lampung yang sudah di peleno kan beberapa waktu lalu masih banyak daftar pemilih ganda.

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Lampung sudah menyurati dan merekomendasikan KPU Lampung untuk segera melakukan perbaikan sebelum di pleno kan di tingkat nasional.

Menanggapi hal ini, Ketua KPU Lampung Nanang Trenggono mengaku akan menjalankan surat dari Bawaslu Lampung, KPU sudah mengirimkan surat balasan ke Bawaslu dengan beberapa catatan melakukan perbaikan.

Dalam surat balasan KPU, bila pemilih belum masuk dalam DPT maka akan dimasukan di dalam Daftar Pemilih Khusus, pemilih ganda, meninggal dunia, TNI – Polri  akan dilakukan penandaan dalam sistem daftar pemilih. Sementara untuk pemilih yang pindah memilih akan dimasukan dalam daftar pemilih tetap pindahan.

Perubahan Daftar Pemilih Tetap akan di lakukan langsung pada saat peleno rekapitulasi data pemilih di Jakarta. Saat ini Komisioner Kpu Lampung pokja pemukhtahiran data pemilih masih berada dijakarta dan berkoordinasi dengan KPU dan Bawaslu RI.(bow/san)