Ekonomi Sulit, Nelayan Butuh Kapal

Tak Ada Kapal Memaksa Nelayan Tebar Jaring di Pinggir Laut

radartvnews.com- Nelayan pesisir Kecamatan Rajabasa dan Kalianda, memerlukan bantuan untuk difasilitasi alat tangkap ikan dan kapal yang rusak diterjang tsunami selat sunda (22/1).

Nelayan kini tak memiliki sumber penghasilan, pasalnya sebagian besar kapal dan alat tangkap nelayan rusak. Sebagian nelayan mulai dapat bernafas lega, pasalnya bantuan alat tangkap berupa jaring difasilitasi oleh Mukri Friatna Eksekutif Nasional Walhi telah diberikan.

Namun tak adanya kapal menjadi kendala nelayan untuk melaut, sehingga alat tangkap hanya digunakan di pinggiran pantai.

“sudah ada yang jkasih jarring, tapi hanya bisa digunakan di pinggir karena gak ada kapal untuk melaut,” kata Sahroni nelayan di kecamatan Rajabasa.

Sementara itu Mukri Friatna Eknas Walhi menilai, kondisi ini harus segera diatasi mengingat alat tangkap dan kapal sangat diperlukan nelayan untuk kelangsungan hidup bagi nalayan korban tsunami sehingga tidak menimbulkan persoalan baru.

“kondisi ini harus segera diatasi mengingat alat tangkap dan kapal sangat diperlukan nelayan untuk kelangsungan hidup, hal ini menjadi persoalan baru bagi nelayan,” kata Mukri.(mai/san)

loading...