Elpiji Langka, Suplai Malah Dipangkas

Elpiji Langka, Suplai Malah Dipangkas

radartvnews.com- Masyarakat Bandar Lampung mengeluhkan sulitnya mendapatkan gas elpiji 3 kilogram. Seperti yang disampaikan Sarbini warga blora, Bandar Lampung.

“sejak dua bulan terakhir gas elpiji 3 kilogram sulit didapat meski sudah berkeliling ke wilayah lain di Bandar Lampung,” ujar Sarbini (27/11). Saat ini gas elpiji 3 kilogram dijual dengan harga yang mahal karena langkanya gas elpiji tersebut.

Berdasarkan pantauan di agen dan pangkalan, ketersediaan gas elpiji 3 kilogram juga kosong. Salah satu agen gas elpiji 3 kilogram Rio mengaku , saat ini stok gas elpiji 3kilogram sedang kosong.

“bukan dibatasi pengiriman tp permintaan meningkat,” kata Rio.

Dalam sehari pihaknya dapat mengirim sekitar 560 tabung gas atau sekitar 19ribu tabung perbulan untuk disebar ke 23 pangkalan. Rata-rata pangkalan menerima sekitar 50-280 tabung dengan harga jual ke pangkalan sebesar 15ribu pertabung.

Berbeda dengan yang diungkapkan Endang oleh pemilik pangkalan tabungan 3 kilogram dikawasan pasar tamin. “ stok dipangkalan Pangkalan juga kosong selain sulit didapat pengiriman gas elpiji 3kilogram dari agen ke pangkalan juga dikurangi,” kata Endang.

Biasanya pangkalan miliknya mendapatkan distribusi sekitar 50 tabung gas, maka saat ini hanya sekitar 40 tabung. Diakuinya akibat pengurangan tersebut Endang terpaksa menaikkan harga gas dari Rp 20000 menjadi Rp 21000 / tabung.(liz/san)