Embarkasi Haji Penuh, Kemenag Tinjau Lampung

    Foto : Dok radartvnews.com

    radartvnews.com- Pelaksanaan haji tahun 2018 masih beberapa bulan lagi, Pemerintah Provinsi Lampung terus melakukan persiapan. Tahun ini Lampung ditargetkan bisa menjadi embarkasi haji penuhdari sebelumnya embarkasi haji antara.

    Untuk merealisasikannya tim Kementerian Agama RI di jadwalkan hadir di Lampung untuk mengecek kesiapan Pemprov Lampung dalam pelaksanaan haji 2018.

    Tim Kemenag RI dijadwalkan ke Lampung pada sabtu ( 3/2/18)  mendatang dan akan meninjau Bandara Raden Inten II Lampung serta asrama haji.

    Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Hery Suliyanto mengatakan, jadwal Tim Kementerian Agama akan meninjau ke Lampung ini berdasarkan hasil rapat di Jakarta beberapa hari yang lalu.

    “tim Kemenag RI yang turun yakni dari Direktorat Jenderal penyelenggaran haji dan umroh,” Ujar Hery.

    Sementara itu , Kepala Sub Bagian Humas Kantor Wilayah Kementerian Agama RI Provinsi Lampung Istutiningsih menyatakan bahwa jumlah kuota jamaah haji di tahun 2018 ini masih sama dengan tahun lalu yakni sebanyak 7.020 jamaah.

    “jumlah kuota ini berdasarkan keputusan dari Kemenag RI sebelumnya pemerintah RI mendapatkan pemotongan kuota jamaah sekitar 20 % berkaitan dengan perbaikan Masjidil Haram,” ujar Istutiningsih.

    Lampung hanya  mendapat jatah sebanyak 6.280 jamaah namun pemerintah arab saudi kembali menambah jumlah kuota sebanyak 10.000 jamaah dan provinsi lampung mendapat jatah penambahan sekitar 740 jamaah sehingga menjadi 7.020 jamaah, imbuh Istutiningsih.

    Asrama Haji yang berada di Rajabasa kini tengah dalam proses pembangunan, pembangunan asrama haji yang ditargetkan sekelas hotel berbintang tiga ini sudah mulai di bangun tahun ini dengan menggunakan anggaran dari Kementerian Agama RI sebesar Rp 52 miliar, pembangunan tersebut pun ditargetkan bisa selesai sebelum pelaksanaan haji 2018 mendatang.(lih/san)

    loading...