Empat Bulan Tempat Pelelangan Ikan Tak Beroperasi

Empat Bulan Tempat Pelelangan Ikan Tak Beroprasi
Empat Bulan Tempat Pelelangan Ikan Tak Beroprasi

radartvnews.com – Sudah 3 hari ini ratusan nelayan di Kecamatan Bakauhnei Kabupaten Lampung Selatan tidak melakukan aktifitas mencari ikan di laut. Mereka enggan berlayar karena cuaca yang tidak menentu, anggin kencang disertai gelombang setinggi 3 hingga 4 meter memaksa para nelayan menambatkan perahu mereka di dermaga.

Ratusan nelayan telah merasakan dampak cuaca buruk sekitar 4 bulan terahir, namun dalam sepekan ini cuaca lebih ektrim daripada sebelumnya. Nelayan lebih memilih beristirahat dan memperbaiki alat tangkap ketimbang harus menanggung resiko keselamatan ketika berada tengah laut.

Aris juru lelang menerangkan pasokan ikan yang tidak maksimal dari para nelayan membuat tempat pelelangan ikan (tpi) di Dusun Muara Pilu, Desa Bakauheni, Kecamatan Bakauheni yang biasanya mampu menjual ikan sekitar 5 ton per hari kini sudah 4 bulan terahir ini tidak beroprasi karena tidak ada pasokan ikan. Puluhan bok penampung ikan terlihat kosong, petugas lelang hanya dapat pasrah dengan kondisi cuaca yang semaki hari semakin buruk.

Meski demikian masih ada beberapa nelayan yang nekat berlayar dan mengadu nasib walau berisko dan harus mengeluarkan modal hingga jutaan rupiah yang didapat dari berhutang. Nelayan berharap agar pemerintah dapat memberikan pinjaman lunak untuk meringankan beban dan sebagai modal ketika cuaca kembali normal.(ma’i/bowo)