Erupsi, Abu Gunung Anak Krakatau Membumbung 2000 Meter

Erupsi, Abu GAK Membumbung 2000 Meter

radartvnews.com- Setelah sempat menurunkan intensitasnya, Gunung Anak Krakatau kembali erupsi kolom abu imbas erupsi mencapai 2.000 meter dari puncak gunung. Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah utara dan timur laut.

Erupsi terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 22 mm dan durasi ± 2 menit 8 detik. Saat ini gunung anak krakatau berada pada status level III (siaga) dengan rekomendasi masyarakat dan wisatawan tidak diperbolehkan mendekati kawah dalam radius 5 kilometer. Pemberitahuan ini resmi di lakukan melalui websaite resmi BMKG dan PVMBG.

Erupsi gunung anak krakatau pada sabtu lalu, menyebabkan ketinggian Gunung Anak Krakatau ini hanya sekitar seratus 110 meter dari atas permukaan air laut dari sebelumnya yang ketinggianya mencapai 338 meter di atas permukaan air laut.

Sementara itu, Dewan Perwakilan Rakyat Provinsi Lampung meminta kepada pemerintah untuk melakukan penataan bangunan khususnya tempat wisata yang berada di bibir pantai. Pengusaha yang bergerak di bidang pariwisata diminta untuk menyediakan jalur evakuasi untuk mengantisipasi terjadinya bencana tsunami.(bow/san)