Scroll untuk membaca artikel
Pemprov Lampung

Festival Seni Qasidah Bintang Vokalis Tingkat Nasional XXI, Melalui Musik Islami Menuju Masyarakat Madani

3
×

Festival Seni Qasidah Bintang Vokalis Tingkat Nasional XXI, Melalui Musik Islami Menuju Masyarakat Madani

Share this article
Ketua Umum DPW LASQI Provinsi Lampung Aprilani Yustin Ficardo
Ketua Umum DPW LASQI Provinsi Lampung Aprilani Yustin Ficardo

radartvnews.com – Ketua Umum DPW LASQI Provinsi Lampung Aprilani Yustin Ficardo berharap seluruh jajaran DPW dan DPD LASQI se-Provinsi Lampung beserta Pemerintah Provinsi Lampung dapat bekerjasama dan bersinergi dalam rangka menyukseskan Festival Seni Qasidah Bintang Vokalis Tingkat Nasional XXI yang akan diselenggarakan di Provinsi Lampung. Demikian disampaikan dalam Rapat Persiapan Festival Seni Qasidah Bintang Vokalis Tingkat Nasional XXI di Ruang Rapat Utama Kantor Gubernur, Selasa (11 Oktober 2016).

Berita Terkait: Lampung Jadi Tuan Rumah Festival Seni Qasidah Bintang Vokalis Tingkat Nasional ke XXI

Dalam sambutannya Ketua Umum DPW LASQI Provinsi Lampung Aprilani Yustin Ficardo mengatakan bahwa Kegiatan Festival Seni Qasidah Bintang Vokalis Tingkat Nasional XXI akan diselenggarakan di Provinsi Lampung pada tanggal 22-27 November 2016 mendatang dengan mengusung tema “Melalui Musik Islami Menuju Masyarakat Madani”.

Menurutnya hal ini berdasarkan Keputusan Rapat Pimpinan Nasional Lembaga Seni Qasidah Indonesia (LASQI) di Kendari Sulawesi Tenggara tanggal 18 November 2015 lalu.

Untuk itu pihaknya berharap dukungan Pemerintah Provinsi Lampung beserta jajaran DPW dan DPD LASQI se-Provinsi Lampung untuk dapat berpartisipasi aktif, bekerjasama dan bersinergi dalam pelaksanaan kegiatan ini agar Festival Seni Qasidah Bintang Vokalis Tingkat Nasional XXI dapat berjalan lancar dan suskes.

“Ini merupakan kegiatan berskala nasional sehingga diharapkan peran aktif seluruh pihak sehingga dapat menjadi kebanggaan bagi Provinis Lampung”, jelasnya.

Sementara dalam kesempatan yang sama Pj. Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Sutono menjelaskan bahwa seluruh jajaran Pemerintah Provinsi Lampung harus serius dan mendukung kegiatan ini. Dimana tugas dan peran setiap SKPD telah dibagi berdasarkan Tugas dan Fungsinya masing-masing.

Selain itu Pj. Sekda Provinsi Lampung Sutono juga menghimbau agar dalam pelaksanaan ini seluruh jajaran terkait dapat memanfaatkan momentum ini untuk mempromosikan Provinsi Lampung kepada seluruh peserta Festival Seni Qasidah Bintang Vokalis Tingkat Nasional XXI yang akan diikuti 34 Provinsi di Indonesia.

“Dalam kegiatan ini kami juga akan berupaya untuk menampilkan kesenian, kerajinan dan kuliner khas Lampung serta mempromosikan objek pariwisata di Provinsi Lampung sehingga diharapkan Lampung dapat lebih dikenal oleh Provinsi Lain diseluruh Indonesia”, ujarnya.

Sedangkan Ketua Harian DPW LASQI Provinsi Lampung Elya Muchtar menambahkan bahwa kegiatan ini diisi oleh berbagai perlombaan di antaranya lomba bintang vokalis yang akan dibagi dalam tiga kategori yakni, kategori anak-anak (putra/putri) usia 7 – 14 tahun; kategori remaja (putra/putri) usia 15-24 tahun dan kategori dewasa (putra/putri) usia 25-40 tahun.

Selanjutnya akan ada Lomba Fashion Muslimah yang dibagi dalam kategori putra dan putri, Bazar Produk Kearifan Lokal, Seminar Musik Islami dengan mengusung tema “Menelisik Perjalanan Musik Islami di Indonesia” yang direncanakan akan diikuti oleh seratus peserta dari DPW Lasqi se Indonesia, DPD Lasqi kabupaten/kota se-Provinsi Lampung, praktisi seni musik Islami dari organisasi, sanggar, dan lembaga seni budaya.

“Dalam acara ini akan menghadirkan 19 Dewan Juri yang terdiri dari Juri Pusat dari DPP LASQI ditambahn Juri Daerah yang dipilih dan ditetapkan dengan Keputusan Gubernur Lampung”, katanya.

Ditambahkan oleh Karo Humas dan Protokol Bayana dengan didampingi oleh Kabag Humas Heriyansyah dalam acara ini turut hadir sejumlah Kepala SKPD di Lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung serta perwakilan DPD LASQI Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung. (Rls/Min)