Festival Teluk Stabas Krui Fair 2016 Meriah

radartvnews.com-pesbar – Kabupaten Pesisir Barat memiliki potensi wisata alam pantai hingga pegunungan serta memiliki daya tarik sendiri untuk meningkatkan kunjungan wisatawan asing maupun domestik.

Guna meningkatkan PAD kabupaten melalui sektor pariwisata kabupaten Pesisir Barat terus menggelar festival yang memamerkan kekayaan alam hingga budaya yang terdapat di kabupaten Pesisir Barat salah satunya parade nyuncun pahar.

Sebanyak 1001 perempuan nyuncun pahar di kabupaten Pesisir Barat ikut berpartisipasi di festival teluk stabas 3 Salah satu kegiatan budaya yang sudah dilupakan sebagian besar masyarakat krui yang kini dihadirkan kembali.

Nyuncun pahar merupakan budaya asli masyarakat pesisir barat yang tidak ada didaerah lain.

Nyuncun artinya membawa dengan menaruh diatas kepala sedangkan pahar artinya nampan besar yang terbuat dari tembaga yang didalamnya berisikan makanan khas pesisir barat.

Nyuncur pahar ini biasanya dilakukan kaum ibu setiap diacara adat dan hari-hari besar tertentu. 

Nyuncun pahar di kabupaten Pesisir Barat juga berhasil mendapatkan perhatian serius dari musium rekor indonesia atau muri.

Penilaian muri berlangsung di kawasan lokasi wisata labuhan jukung kecamatan pesisir tengah. 

Dalam upaya membangun Pesisir Barat pemerintah kabupaten Pesbar merangkum semua kegiatan festival hingga pembangunan ke dalam acara krui fair 2016.

Untuk menarik perhatian masyarakat luas krui fair juga memperlihatkan cara menenun tapis lampung yang dikerjakan oleh perempuan asli krui pesisir barat.

Nah jika anda tertarik menyaksikan festival teluk stabas krui fair dapat kembali berkunjung ke krui tahun mendatang yang pastinya akan lebih meriah ini dikarenakan pemerintah kabupaten pesisir barat sudah mengagendakan kegiatan ini sebagai agenda tahunan. (m/jef/am)