Flu Burung Kembali Serang Kota

Ayam Warga Sukabumi Mati Mendadak Sepekan Terkahir Diduga Terserang Virus

Radartvnews.com- Dinas Pertanian Perkebuan Kehutahan dan Perkebunan Kota Bandar Lampung  menyatakan unggas unggas yang ditemukan mati secara misterius di Kampung Beringin, Kelurahan Campang Jaya, Sukabumi, Bandar Lampung positif terjangkit avian influenza atau virus flu burung.  

Hasil itu diketahui setelah petugas melakukan pemeriksaan semple terhadap bangkai ayam.

Atas penemuan dan laporan warga setempat terkait puluhan ayam warga yang mati secara mendadak lurah Campang Jaya M Rahmat mengaku sudah mendapatkan laporan dari warga  dan sudah dilaporkan ke dinas dan sudah dilakukan pengecekan.

“Dari catatan ada sekitar tiga rumah warga yang ayamnya mati secara tiba-tiba, sudah dilaporkan ke dinas kota bandar lampung,” kata Rahmat.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Perkebuan Kehutahan dan Perkebunan Kota Bandar Lampung Agustini menyatakan, pihaknya sudah melakukan pengecekan ditempat ditemukanya ayam tersebut  dan sudah diambil sample.

“Dari hasil uji cepat dilaboraturium  ayam warga yang mati positif terjangkit avian influenza atau virus flu burung,” kata Agustini Kepala Dinas Distanakbunhut Bandar Lampung.

Pihaknya sudah  memberikan pengarahan kepada warga setempat untuk mengantisipasi jika terjadi lagi ayam mati mendadak, dianjutkan untuk dikubur serta dibakar  dan untuk sementara unggas harus dikurung.(lds/san)