Gadis 13 Tahun Hidupi Adik dan Ayah

Serly Berusia 13 Tahun Hidupi Adik dan Ayah Setelah Ibu Pergi

Radartvnews.com- Di rumah reot berukuran kecil dan dinding papan yang sudah lapuk termakan usia, Serly (13) tinggal dan merawat adik Rikaldo Saputra serta ayahnya Rustam (45) yang terbaring tak berdaya karena mengidap penyakit aneh yaitu tumbuh benjolan disekujur tubuhnya. Keluarga kecil ini tinggal di desa Negeri Campang Jaya, Kecamatan Sungkai Tengah, Lampung Utara.

Dihalaman rumahnya Serly menjemur jagung milik tetangga yang diamanatkan kepadanya. Tidak terlalu banyak, tetapi dari situlah ia memperoleh beras untuk makan sehari-hari bersama adiknya yang berusia delapan tahun dan ayahnya yang terkapar karena penyakit yang dideritanya.

Siswa SMP kelas 1 tersebut terlihat sangat tegar ketika menyuapi ayahnya dengan makanan hasil masakannya hal ini dilakukannya setiap hari. Dengan penuh kasih sayang, suapan Serly sendok demi sendok  dilahap ayahnya hingga habis.

Seharusnya iya bermain canda tawa dengan teman sebayanya, mirisnya dalam kondisi seperti ini ibunya justru pergi meninggalkan mereka. Sejak ditinggal sang ibu enam tahun yang lalu, gadis cilik itu mengatakan mereka masih bisa sekolah dan makanmeski umumnya pemberian keluarga dan tetangga.

“kalau makan dikasih orang dan nenek, ayah sudah lama sakit sejak 2012 gak ada yang urus ayah jadi saya yang urus, saya sedih ibu pergi entah kemana sejak saya umur enam tahun,” kata Serly.

Ketika ditanya apa yang menjadi keinginan Serly saat ini dengan nada sedih  ia menjawab hanya ingin sang ibu pulang kerumah. “kalau ibu tahu saya ingin ibu pulang,” imbuh Serly.

Slamet salah seorang tetangganya mengatakan akan tetap membantu ala kadarnya, tetapi warga mengasingkan mereka karena penyakit ayahnya yang diketahui adalah salah satu penyakit menular.

“kami membantu alkadarnya, tetapi warga mengasingkan mereka karena penyakit ayahnya yang diketahui adalah salah satu penyakit menular,” jelas Slamet.

Mendapat informasi ini Bupati Lampung Utara Agung Ilmumangkunegara langsung memerintahkanDinas terkait untuk meninjau langsung ke kediaman Serly untuk melihat secara langsung kondisi dan memberikan bantuan apa yang dibutuhkan kepada serly dan ayahnya yang sedang sakit tersebut

“saya sudah memberikan teguran kepada camat dan kepala desa setempat terkait hal ini. Apapun kita lakukan untuk membantu warga yang kesulitan, saat ini sudah ada Kadis meninjau kesana bersama Camat,” ungkap Agung.(sas/san)