Gawat! Ada Ribuan Pemilih ’’siluman’’

Gawat! Ada ribuan pemilih ’’siluman’’

radartvnews.com- Sedikitnya 3100 jiwa  pemilih dalam Pilgub Lampung mendatang tidak dikenal, saat ini Bawaslu masih terus melakukan pengumpulan data. Ribuan pemilih tidak dikenal ini tidak terdata dalam sistem kependudukan namun terdata dalam pencocokan dan penelitian KPU.

Tidak hanya itu, Bawaslu juga menemukan banyak pemilih ganda, berdasarkan laporan panitia pengawas di masing – masing daerah. Data pemilih ganda sebesar 3.794 jiwa sedangkan pemilih yang belum terdaftar sebesar 5.440 jiwa, pemilih yang belum memiliki e-KTP sebanyak 2.840 jiwa. Hingga kini panitia pengawas terus melakukan pengecekan secara dor to dor ke masyarakat.

Anggota Bawaslu Iskardo P Panggar mengatakan penetapan daftar pemilih tetap akan dilakukan KPU Provinsi Lampung pada tanggal 20 april 2018.

“selain menemukan banyaknya daftar pemilih ganda, Bawaslu juga menemukan pemilih yang merubah data pemilih 5.735 jiwa, bahkan di satu kabupaten terdapat satu nama yang didata lebih dari empat kali oleh tim coklit KPU,” ungkap Iskandar.

Bawaslu merekomendasi KPU Lampung agar melakukan perbaikan sesegera mungkin sebelum penetapan daftar pemilih tetap.(bow/san)