Geliat Pebonsai Di Kota Metro

Budidaya bonsai sebagai hobi perlu kesabaran, ketrampilan dan keuletan, untuk membuat sebuat bonsai yang indah dan enak di liat, membutuhkan sebuah proses yang panjang, dengan perawatan yang baik.

Di kota Metro para pembonsai, yang memiliki aktivitas bersama yang cukup unik, karena kegiatan bonsai yang berawal dari hobi tersebut, kini menjadi trend tersendiri, bahkan bisa menjadi satu sumber mata pencaharian dan dapat menambah penghasilan.

Lantas kegiatan apa yang ditekuni oleh warga di dusun tulung tersebut? Kegiatan tersebut adalah pembudidayaan tanaman bonsai.

Dengan tingginya aktivitas bisnis dan budidaya bonsai, di Kota Metro, maka terbentuklah Perkumpulan Pengemar Bonsai Indonesia, PPBI cabang Kota Metro.

Ketua PPBI cabang Kota Metro, Heidir, mengatakan bahwa di kota Metro sudah lama vakum, gerakan para pembonsai, saat ini kami memulai lagi dengan melakukan pameran pameran dan kontes bonsai, seperti pada acara car free day, dan Metro Expo.

Chidir berharap para pengemar bonsai kota Metro, bisa lebih maju dengan memunculkan kreativitas dan hasil bonsai yang baik, sehingga tidak kalah dengan pembonsai yang ada di Jawa maupun kancah nasional.

Sementara itu Ican, pengurus PPBI Kota Metro, menjelaskan bahwa proses bonsai itu cukup rumit, dari proses penyiapan bahan bonsai, media tanam, maupun setelah tumbuh dengan pupuk yang khusus, perlu kesabaran sehingga bisa menghasilan bonsai yang indah.

Ican menambahkan bahan bonsai dengan penataan yang baik, untuk sebuah taman di halaman rumah, membuat nyaman dan tenan dengan suasana alam yang sejuk.

(Yok)