Gerhana Matahari di Lampung Terlihat 92 Persen

radartvnews – Antusias warga menyaksikan fenomena alam langka, gerhana matahari total, yang hanya bisa dilihat disejumlah wilayah di Indonesia, juga dapat dilihat di provinsi Lampung.

Sejak pukul enam, rabu pagi, ribuan masyarakat dari berbagai daerah di provinsi Lampung sudah memadati lapangan Institut Teknologi Sumatera guna mengikuti pantauan gerhana matahari total.

Warga yang ingin menyaksikan fenomena alam yang terjadi ratusan tahun ini, diharuskan menggunakan kacamata khusus yang disediakan panitia untuk melihat secara utuh proses terjadinya gerhana matahari. terlebih tingkat radiasi cahaya matahari saat gerhana matahari sangat tinggi. ini dikarenakan gerhana matahari total di provinsi Lampung hanya mencapai 92 persen atau berbentuk bulan sabit.

Puncak gerhana sendiri sudah terlihat mulai pukul 7 lewat 22 hingga pukul 7 lewat 37 waktu indonesia barat. matahari tertutup bulan dan terlihat seperti bulan sabit berwarna kekuningan, dimana  puncak gerhana matahari hanya terlihat hingga 15 menit.

Salah satu warga Erwanto menuturkan , sangat puas dengan apa yang dilihatnya hari ini. walaupun tidak sampai total, ini merupakan fenomena alam yang luar biasa, dan bisa di peridiksi dengan tepat . Dan ini menjadi sejarah karena lampung dapat dilewati oleh gerhana matahari pada tahun ini.

sementara itu dosen institut teknologi sumatera, azrul sulaiman karim, , mengatakan meski sempat tertutup oleh awan , di lampung gerhana matahari sudah mencapai 92 persen sesuai dengan perkiran awal para peneliti. fenomena ini tidak akan akan kembali sampai 315 tahun lagi. gerhana matahari ini juga bisa menjadi kajian yang bisa diberikan kepada mahasiswa dan edukasi kepada masyarakat.

Fenomena alam gerhana matahari, juga tak luput dari bidikan kamera pewarta foto dan jurnalis televisi yang ingin mengabadikan momen langka ini.(ren-jef/rltv)