Scroll untuk membaca artikel
Pemprov Lampung

Gubernur Apresiasi Peresmian PLTA Way Semangka

1
×

Gubernur Apresiasi Peresmian PLTA Way Semangka

Share this article
Gubernur Apresiasi Peresmian PLTA Way Semangka

Radartvnews.com- Gubernur lampung M.Ridho Ficardo  jumat lalu  (16/11) menghadiri kegiatan peresmian Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Way Semangka, Kabupaten Tanggamus.

Kegiatan peresmian ini berlangsung di Ballroom Shangri-La  Hotel, Jakarta. Selain Gubernur Lampung  kegiatan peresmian ini turut dihadiri oleh Duta Besar (Dubes) Korea Selatab Kim Vhang Beom.

Pada peresmian ini, Dubes Korea Selatan Kim Chang Beom memberikan apresiasi kepada Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo dan CEO Korea Midland Power (Komipo) Ark Hyung-Koo atas selesainya pembangunan PLTA Way Semangka, Tanggamus.

PLTA way semangka akan  menjadi pemasok listrik ke sistem Sumatera. PLTA Way Semangka memiliki daya 2×28 megawatt di kawasan hutan lindung register 39 Kota Agung,  tepatnya di utara blok 10 Dusun Kali Kumbang, Pekon Sidomulyo,  Kecamatan Semangka, Kabupaten Tanggamus.

Proyek ini dibangun dan dikembangkan sejak 2011 oleh PT Tanggamus Electric Power (TEP)  perusahaan yang dibentuk bersama oleh Komipo Posco E&C CO Ltd, Kexim Investment, PT BS Energi dan PT Nusantara Hydro Alam. Proyek tersebut memiliki masa kompensasi sekitar 30 tahun dan dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan listrik Sumatera.

Listrik disalurkan ke sistem Sumatera melalui jaringan transmisi 150 kilo volt (kv) sepanjang 33,4 kilometer dari pembangkit ke Gardu Induk (GI) 150 kv Kota Agung yang akan dibangun PLN.

Secara keekonomian, proyek ini menghemat subsidi Rp186 miliar per tahun atau Rp5,6 triliun selama 30 tahun.   PLTA tersebut juga merupakan satu-satunya proyek yang direalisasikan menjadi bisnis sebenarnya.

Gubernur Ridho berharap dengan pembangunan plta tersebut dapat memberikan tambahan pasokan daya listrik yang cukup. Hal ini juga dapat mendukung rencana Provinsi Lampung untuk pengembangan kawasan industri maritim di Provinsi Lampung.

Gubernur Ridho juga berharap agar PLTA Way Semangka dapat dikembangkan lagi,  sehingga akan dapat memberikan pasokan daya listrik yang lebih.(lih/san)