Scroll untuk membaca artikel
Pemprov Lampung

Gubernur Menjadi Pembina Upacara Pada Puncak Peringatan Hari Pramuka Provinsi Lampung 2016

2
×

Gubernur Menjadi Pembina Upacara Pada Puncak Peringatan Hari Pramuka Provinsi Lampung 2016

Share this article
Gubernur Menjadi Pembina Upacara Pada Puncak Peringatan Hari Pramuka Provinsi Lampung 2016
Gubernur Menjadi Pembina Upacara Pada Puncak Peringatan Hari Pramuka Provinsi Lampung 2016 (foto : humas pemprov.lmpg)

Anggota Pramuka memiliki kewajiban untuk membangun mental dan fisik generasi muda. Yakni kewajiban pramuka disamping ditujukan terhadap Tuhan (duty to the God), terhadap sesama (duty to others) dan terhadap diri sendiri (duty to self), juga yang terpenting adalah terhadap tanah air, bangsa dan negara (duty to country). Untuk memajukan sebuah organisasi sebesar Gerakan Pramuka, diperlukan pembiayaan secara mandiri untuk menopang kegiatan Pramuka memang sangat besar.

Ditambahkannya, selaku Gubernur Lampung dan sebagai Ketua Mabida Gerakan Pramuka Lampung, memiliki tugas dan kewenangan Pemerintah Daerah dengan memberikan bimbingan, dukungan dan fasilitas dalam penyelenggaraan pendidikan kepramukaan di Propinsi Lampung ini. Bantuan nyata tersebut berupa dukungan dana melalui APBD dalam bentuk biaya rutin kegiatan maupun pembangunan sarana dan prasarana pendidikan kepramukaan. Bantuan dan dukungan ini akan terus dilakukan dan ditingkatkan sesuai dengan kemampuan daerah. “Pemerintah Provinsi Lampung juga telah menyediakan lahan di wilayah Kota Baru Jati Agung, Kabupaten Lampung Selatan. Lahan ini diperuntukan sebagai Bumi Perkemahan Pramuka. Oleh karenanya, manfaatkan sebesar-besarnya lahan Bumi Perkemahan ini bagi pembinaan Gerakan Pramuka di Provinsi Lampung,” harap Gubernur.

Kepada Bupati dan Walikota selaku Ketua Mabicab, Gubernur menghimbau untuk senantiasa memberikan bimbingan dan dukungan demi kelancaran pelaksanaan pendidikan kepramukaan didaerah masing-masing. Sehingga gerakan pramuka terus berkembang. Dan tentunya, Pemerintah Daerah juga akan terbantu oleh Gerakan Pramuka dengan terbinanya generasi muda menjadi generasi muda penerus Bangsa yang siap menjadi pemimpin dimasa depan.

Ditambahkan Karo Humas dan Protokol, pada kesempatan Pembukaan Jamnas X 2016 yang dirangkai dengan Apel Besar Hari Pramuka Tingkat Nasional tersebut, Gubernur selaku Ka. Mabida mendapat penghargaan sebagai Mabida Peduli yang diserahkan Presiden Joko Widodo, Presiden Republik Indonesia selaku Ka. Mabinas. Penghargaan ini didedikasikan untuk Keluarga Besar Gerakan Pramuka Lampung, yang telah berupaya meningkatkan pembinaan generasi muda di Provinsi Lampung. (Rls/Min)