Harga Komoditi Laut Naik Seratus Persen

Harga Komoditi Laut Naik Seratus Persen
Harga Komoditi Laut Naik Seratus Persen

radartvnews.com – Cuaca di perairan Lampung semakin tak menentu, jika pada hari kematin kecepatan angin maksimal 9 hingga 20 knot per jam kini mencapai sekitar 25 knot per jam, akibatnya ketinggian gelombang laut semakin ektrim hingga ketinggian 5 meter, kondisi ini pun mebuat ratusan nelayan di Kabupaten Lampung Selatan tak berani melaut.

Akibat cuaca buruk ini pasokan ikan di pasar impres Kalianda Bakauheni dan Pemetang Pasir turun drastis dan harga ikan pun melonjak. Kenaikan tertinggi terjadi pada ikan cumi cumi yang hargnya naik 100 persen, Sarwi pedagang cumi-cumi biasanya hanya menjual cumi  antara 20 ribu hingga 25 ribu rupiah per kilogram kini harganya telah mencapi 50 ribu rupiah per kilo gramnya. Halnya senada juga dikatakan Johati salah seorang pedagang ikan menjelaskan harga ikan seperti kembung tuna tongkol dan ikan lainya naik sekitar 40 persen.

Sebagian kecil nelayan masih ada yang nekad melaut meski tidak berani ke lokasi dimana ikan melimpah itupun jaraknya maksimal sekitar 10 mil dari bibir pantai dan harus menunggu cuaca agak baik, meski pendapatan tak menentu bahkan terkadang menanggung kerugian nelayan hanya berusaha mengadu nasib untuk menutupi kebutuhan keluarga.(ma’i/bowo)