Harga Naik Rp 20 Ribu, Awas Spekulan Cabai Gentayangan

32
Sejak beberapa hari terakhir harga cabai merah di Kota Bandar Lampung mengalami kenaikan

Radartvnews.com- Sejak beberapa hari terakhir harga cabai merah di Kota Bandar Lampung mengalami kenaikan seperti yang terjadi di pasar gudang lelang, bumi waras.

Harga cabai merah mengalami kenaikan sebesar Rp20.000 perkilogramnya, dari  Rp40.000 perkilogram kini naik menjadi Rp60.000 perkilogram.

Kondisi ini dikeluhkan para pedagang dan ibu rumah tangga. Selain sepi pembeli dan omset penghasilan naiknya harga cabai merah berdampak langsung kepada ibu rumah tangga karena harus mengeluarkan kocek tambahan untuk  kebutuhan rumah tangga. Kenaikan diakbibatkan  stok cabai yang sedikit.

Menurut para pedagang, naiknya harga cabai merah ini telah terjadi sejak empat hari lalu yang berdampak sepinya pembeli dan menurunnya penghasilan.

Berita Lainnya  Pemerintah Pusat Update 12 Positif Covid-19 di Lampung, Kadiskes Cuma 11

Selain mahal, stok barang dari agen juga berkurang. Biasanya  dalam sehari para pedagang mampu menjual paling sedikit 7 kilogram cabai merah namun dengan kondisi ini para pedagang cuma mampu menjual 3 sampai 4 kilogram saja.

“Sepi sekarang kemarin paling dikit laku 7 kilo sekarang cuma 3 kilo,” kaya Suryani salah satu pedagang.

Selain dikeluhkan para pedagang naiknya harga cabai merah ini dikeluhkan para ibu rumah tangga yang terpaksa harus menambah pengeluaran  untuk membeli kebutuhan bumbu dapur. “Tambah mahal ya tambah banyak duit,” kata Siti pembeli cabai.

Selain cabai merah, beberapa komoditas bumbu dapur juga mengalami kenaikan. Kenaikan juga terjadi pada cabai ceplak atau cabai setan yang tembus  hingga Rp80.000 perkilogram dari harga sebelumnya Rp60.000.(sah/san)