Scroll untuk membaca artikel
PeristiwaWay Kanan

Hari Kemerdekaan Belasan Hektare Kebun Karet Terbakar

0
×

Hari Kemerdekaan Belasan Hektare Kebun Karet Terbakar

Share this article

Kabut asap tebal membumbung tinggi akibat kebakaran lahan milik PT Perkebunan Nusantara 7 yang membidangi perkebunan karet di Kampung Negeri Baru Kecamatan Blambangan Umpu Kabupaten Way Kanan, Sabtu 17 Agustus 2019.

Bertepatan dengan hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 74 Tahun 2019, lima belas hektare perkebunan karet terbakar sekitar pukul 11.00 WIB. Bismijanadi Ketua Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Way Kanan menjelasakan.

Belum diketahui penyebab pasti kebakaran namun api di duga berasal dari bagian tengah lahan kebun karet yang memiliki luas total empat ratus empat puluh sembilan hectare. Angin yang berhembus kencang menjadi salah satu faktor api semakin cepat merambat ke bagian lainya dan berhasil melahap belasan hektare kebun milik perusahaan negara ini.

Dengan menerjunkan tim gabungan dari TNI-Polri, BPBD, masyarakat dan lima unit mobil pemadam kebakaran, berhasil memadamkan api dalam waktu dua jam. Akibatnya asap tebal menyelimuti sebagian Way Kanan dan jarak pandang pengendara di Jalan Lintas Tengah Sumatera menjadi sedikit terganggu.

Bismijanadi menambahkan, petugas terus bersiaga di lokasi kebakaran sementara kerugian belum bisa dipastikan karena luas lahan yang di duga akan terus bertambah karena musim kemarau berkepanjangan bisa menyebapkan api sudah dipadamkan kembali menyala. (Ded/Sep/Bo)