Hari Pertama UTBK 88 Peserta Gugur

Hari Pertama UTBK 88 Peserta Gugur

Radartvnews.com- Berdasarkan data yang dihimpun dari Universitas Lampung dan Institute Teknologi Sumatera, hari pertama (13/4) pelaksanaan Ujian Tes Berbasis Komputer (UTBK) diikuti sebanyak 3.421 peserta  melalui dua sesi yakni sesi pertama pukul 08.00 – 11.45 WIB serta sesi kedua pukul 13.00-16.45 WIB.

Sebanyak 88 orang dipastikan gugur serta tidak dapat mengikuti SBMPTN 2019 lantaran tidak hadir  untuk mengikuti tes.

Rektor Itera Ofyar Z Tamin menyampaikan UTBK dihari pertama baik yang pelaksanaannya di kampus Itera maupun dikampus Darmajaya berjalan lancar dan belum terdapat kendala baik dari jaringan maupun listrik.

Kemudian dirinya menjamin tidak akan ada kebocoran soal serta kecurangan dalam UTBK ini, hal tersebut lantaran UTBK menggunakan sistem komputer secara online kemudian tipe dan model soal berbeda antar peserta yang berasal dari Kemenristekdikti.

“ujian berjalan lancar, UTBK menggunakan sistem komputer secara online kemudian tipe dan model soal berbeda antar peserta yang berasal dari Kemenristekdikti,” ujar Ofyar.

Sementara ketua panitia penerimaan mahasiswa baru Itera Irfanianta Arif Setyawan menyebut meski belum ada kendala dalam pelaksanaan utbk ini namun dihari pertama ini sebanyak 88 peserta dipastikan gugur lantaran tidak hadir tanpa keterangan.

” 88 peserta dipastikan gugur lantaran tidak hadir tanpa keterangan,” ujar Arif.

Sementara salah satu peserta UTBK asal kotabumi menyebut, meski terdapat beberapa soal yang tidak dipahami namun menurutnya semua berjalan normal dan dirinya berharap mendapat nilai yang tinggi sehingga bisa untuk mendaftar di pergururan tinggi di pualu jawa.

Sementara itu pelaksanaan UTBK nantinya akan dilaksanakan dua gelombang. UTBK gelombang pertama dilakukan mulai 13 april hingga 4 mei 2019 sementara gelombang kedua dilaksanakan 11 hingga 26 mei 2019.(krp/san)