Hemat Biaya, Pakai Kotak Suara Kardus

Hemat Biaya, Pakai Kotak Suara Kardus

Radartvnews.com- Kotak suara berbahan kardus namun kedap air yang digunakan dalam pemelihan umum serentak 2019 masih menjadi polemeik yang terus berkembang.

Di Lampung, kotak suara berbahan karton sudah digunakan sejak pemilu 2014 hingga terakhir kotak kardus digunakan saat Pemilihan Gubernur Lampung 2018.

Komisioner KPU Lampung Erwan Bustami menyebut bahan dasar kotak suara yang digunakan pada pemilu 2019 berbahan karton kedap air. Semula  kotak suara ini hanya melengkapi kekurangan kotak suara di Lampung. Pemilu 2019 KPU RI mewajibkan penggunaan kotak suara ini karena dinilai lebih efektif salah satunya pembiayaan.

“bahan dasar kotak suara yang digunakan pada pemilu 2019 berbahan karton kedap air, Semula  kotak suara ini hanya melengkapi kekurangan kotak suara di Lampung. Pemilu 2019 KPU RI mewajibkan penggunaan kotak suara ini karena dinilai lebih efektif salah satunya pembiayaan,” jelas Erwan.

Sejauh ini, hasil pengadaan melalui e katalog KPU RI Lampung telah menerima 132.898 kotak suara berbahan karton kedap air jumlah ini masih terus bertambahuntuk. Penambahan kotak suara di 28 Tempat pemungutan Suara (data DPTHP tahap 2) ini bertambah sebanyak 140 kotak suara. Total kebutuhan kotak suara se Provinsi Lampung sebanyak 863 kotak suara.(bow/san)