Imbas Kerusuhan, Papua Mundur Tuan Rumah Popnas Dan Papernas

Melihat kondisi keamanan yang sedang memanas di bumi Cendrawasih, serta mempertimbangkan aspek kenyamanan Atlet, Provinsi Papua secara resmi. mengundurkan diri sebagai tuan rumah pelaksanaan Popnas dan Peparpenas 2019, yang dijadwalkan berlangsung pada Oktober 2019 mendatang.

Pengunduran diri Papua menjadi tuan rumah, dalam pelaksanaan 2 event Nasional tersebut, cukup disayangkan oleh beberapa Provinsi salah satunya Lampung, pasalnya dua pesta olahraga pelajar se-tanah air tersebut , menjadi salah satu tolak ukur untuk uji coba venue, sebelum menyambut Pekan Olahraga Nasional (PON) 20, yang akan berlangsung pada 20 Oktober hingga 2 November 2020 mendatang.

Meski demikian pemerintah Provinsi Lampung, melalui Dinas Pemuda Dan Olahraga menyebut, meski pelaksanaan Popnas dan Papernas batal dilaksnakan di Papua, menurutnya persiapan atlet Lampung terus berjalan .

Sementara hingga saat ini, Kemenpora masih terus melakukan koordinasi dengan seluruh stakeholder, untuk mencari solusi atas tindak lanjut dari keputusan tersebut. (Kuh)