Guru Swasta Rajai SD Negeri

radartvnews.com- Setelah melakukan pendataan terhadap 7.433 guru honor penerima insentif periode januari hingga juli 2018, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Bandar Lampung telah mengusulkan anggaran insentif sebesar Rp8.9 miliar kepada Pemerintah Kota Bandar Lampung untuk diberikan kepada para guru honor.

Sementara 7.433 guru honor penerima insentif merupakan guru sekolah  jenjang TK, RA, SD, MI, SMP/MTS Negeri dan Swasta di Bandar Lampung  akan menerima insentif sebesar Rp1,2 juta perguru. Karena besaran insentif yang diberikan adalah Rp200 ribu /bulan dan dibayarkan dalam 6 bulan.

Namun, waktu pencairannya Disdikbud Bandar Lampung belum bisa memastikan  secara pasti  karena menunggu pencairan dana serta  instruksi dari Walikota.

Kepala Seksi Tenaga Pendidik dan Kependidikan Dasar Disdikbud Kota Bandar Lampung Khairul Athar menyampaikan, saat ini pencairan insentif telah dajukan ke Pemkot Bandar Lampung dan jumlah guru honor penerima insentif tidak bisa lebih dari 7.433 guru sementara jika lebih dari jumlah tersebut maka menjadi tanggungan serta kebijakan sekolah masing-masing.

Selain itu dirinya juga menyampaikan, jumlah guru honorer yang diusulkan  menerima insentif selalu bertambah setiap tahunnya.

Hal itu disebabkan tidak adanya pengangkatan guru berstatus PNS ditambah lagi  setiap tahun jumlah guru PNS selalu berkurang karena pensiun maupun faktor lainnya  sehingga mau tidak mau sekolah mengangat guru honorer untuk memenuhi kebutuhan sekolah.(krp/san)