Jadikan Hari Pahlawan Sebagai Momentum Mewujudkan Visi Agenda NAWA CITA

Jadikan Hari Pahlawan Sebagai Momentum Mewujudkan Visi Agenda NAWA CITA
Jadikan Hari Pahlawan Sebagai Momentum Mewujudkan Visi Agenda NAWA CITA

radartvnews.com – Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo menjadi Pembina Upacara dalam rangka peringatan Hari Pahlawan, Kamis (10/11/2016) di Lapangan Saburai Bandar Lampung. Acara dihadiri pula Ketua DPRD Provinsi Lampung, Kapolda Lampung, Danrem 043 Gatam, Kajati, Danlanud, para Asisten dan Staf Ahli, serta seluruh Karyawan dan Karyawati di lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung.

Gubernur ketika membacakan Amanat Menteri Sosial Republik Indonesia menyampaikan, Peringatan Hari Pahlawan sebagai momen reflektif untuk memberi makna atas pengorbanan para pahlawan kusuma bangsa, dengan menyalakan jiwa kepahlawanan dalam perjuangan mengisi kemerdekaan.

Dalam rangka mencapai perikehidupan kebangsaan yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur, patriotisme progresif harus mengembangkan ketahanan bangsa untuk bisa mandiri dalam ekonomi, berdaulat dalam bidang politik dan berkepribadian dalam kebudayaan.

Sejalan dengan orientasi Trisakti tersebut, Pemerintahan menawarkan VISI transformatif: “Terwujudnya Indonesia yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian berlandaskan gotong-royong.” Dalam kerangka mewujudkan visi tersebut telah dirumuskan sembilan agenda prioritas pemerintahan ke depan yang disebut NAWA CITA. “Kesembilan agenda prioritas itu bisa dikategorisasikan ke dalam tiga ranah; ranah mental-kultural, ranah material (ekonomi) dan ranah politik. Pada ketiga ranah tersebut, Pemerintah saat ini berusaha melakukan berbagai perubahan secara aksereratif, berlandaskan prinsip-prinsip Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945,” ujar Gubernur.

Dalam akhir sambutannya, Menteri Sosial Republik Indonesia Khofifah Indar Parawansa mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk terus berjuang, bekerja, berkarya menjadi pahlawan bagi diri sendiri, pahlawan bagi lingkungan, pahlawan bagi masyarakat maupun pahlawan bagi negeri ini.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur Lampung memberikan penghargaan kepada kelompok usaha bersama berprestasi, pendamping Kube Berprestasi, Pemenang Lomba Cerdas Cermat bidang sejarah tingkat SLTA, penyelenggaraan Taman Anak Sejahtera Tingkat Provinsi Lampung dan Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan Tahun 2016. Dilanjutkan dengan Penyerahan Bantuan kepada 200 orang Lansia, 100 orang Dewan Harian Daerah 45 Provinsi Lampung dan 100 orang Legiun Veteran.

Sebagai bagian dalam rangkaian peringatan Hari Pahlawan Gubernur Lampung melanjutkan dengan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Nasional (TMP) Tanjung Karang. Acara diikuti Sekda Provinsi Lampung Ir.Sutono, MM, Kapolda Lampung, Kajati, Danlanud, Para Asisten dan Staf Ahli, serta Seluruh Karyawan/ i di lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung.

Sebelumnya juga Sekda Provinsi Lampung Ir. Sutono, MM bersama-sama dengan pihak Danlanal dan jajaran beserta Kapolda menghadiri upacara peringatan Hari Pahlawan ke-71 di Dermaga C Pelabuhan Panjang. Upacara dipimpin oleh Danlanal Lampung Letkol Kelik Haryadi, dengan peserta upacara mencapai 500 orang.

Setelah upacara, dilakukan tabur bunga ke laut di Dermaga C PT. Pelindo II Pelabuhan Panjang oleh Sekda Provinsi Lampung. “ Hari Pahlawan kita tabur bunga ke laut untuk menunjukkan rasa syukur. Karena laut yang membuat Provinsi Lampung Menjadi Berkah dan sukses Ekonominya,” jelasnya. (Rls/Min)