Jambore Petani Muda, Wujudkan Re-Generasi Petani

Radartvnews.com – Tak bisa dipungkiri bahwa problem di bidang Pertanian Indonesia, salah satunya adalah terkait re-generasi petani. Pasalnya 61 persen petani yang saat ini aktif sudah berusia lebih dari 45 tahun. Oleh karena itu jika persoalan ini tidak segera diatasi, maka dikhawatirkan akan berdampak terhadap ketahanan pangan Indonesia.

Sehingga re-generasi petani menjadi isu penting, yang harus diperhatikan oleh seluruh pihak terkait, mengingat jumlah rumah tangga petani mengalami penurunan sebanyak 20 persen, dari 79,5 juta menjadi 63,6 juta atau turun 15,6 juta petani.

Karena itu keterlibatan generasi muda dalam mendukung, mengembangkan serta memajukan sektor pertanian, melalui terobosan-terobosan teknologi, menjadi sangat dibutuhkan di Indonesia. Namun sayangnya minat anak-anak muda khususnya mahasiswa untuk terjun dalam dunia pertanian masih sangat kurang.

Karena itu Fakultas Pertanian Universitas Lampung, bersama PT Petrokimia Gresik menggelar program jambore petani muda 2019. Program yang juga dilaksanakan di 12 perguruan tinggi negeri se-Indonesia ini, diharapkan selain menarik dan menumbuhkan minat generasi muda terhadap pertanian, namun juga mampu melahirkan pengusaha muda pertanian, yang bisa memberikan dampak sosial atau Agrosociopreneur di Indonesia. (Kuh/Bow)