Jati Agung Jadi Pusat Sampah Lampung

radartvnews.com – Pemerintah Provinsi Lampung terus mempercepat proses realisasi pembangunan tempat pembuangan akhir ( TPA ) sampah regional. Pemprov telah mengajukan usulan untuk membangun TPA regional di daerah gedungwani  Jati Agung  Lampung Selatan.

Diketahui  TPA regional yang akan dibangun akan menampung sampah-sampah dari empat kabupaten kota  yakni Bandar Lampung, Metro,  Lampung Selatan, Dan Pesawaran.

Wacana pembangunan TPA regional ini guna menyelesaikan persoalan sampah di provinsi Lampung yang kian hari kian menumpuk. Kepala badan perencanaan dan pembangunan daerah pemprov Lampung  Herlina Warganegara mengatakan usulan tersebut saat ini masih menunggu keputusan dari berbagai pihak.

Menurut Herlina  lahan di gedungwani dinilai strategis karena luas apalagi pemerintah pusat menyatakan untuk membangun TPA regional minimal harus menyiapkan lahan 20 hektare. Dalam perencanaan  pemprov tak hanya membangun TPA regional saja namun juga menyiapkan pabrik pengolahan sampah menjadi energi listrik.Herlina menambahkan bahwa untuk membangun TPA regional menggunakan anggaran dari pemerintah pusat. Realisasi pembangunan TPA regional ini ditarget tahun 2020 mendatang. (lih/rie)