Kapal Roro Kandas di Pulau Kelapa, Ratusan Penumpang Panik

kapal Roro Mutiara Persada I kandas di pulau kelapa satu mil dari pelabuhan Bakauheni Lampung Selatan (31/12)

Radartvnews.com- Akibat terseret arus bawah laut kapal Roro Mutiara Persada I kandas di pulau kelapa satu mil dari pelabuhan Bakauheni Lampung Selatan, minggu pukul 12:00 WIB (31/12). Kejadian  bermula ketika kapal tersebut hendak menunggu antrian sandar di dermaga 3 pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan.

Didalam Kapal Roro Mutiara Persada I Terdapat 255 Penumpang dan 44 kendaraan yang dibawa dari Merak Banten tujuan Bakauheni Lampung Selatan.

Christine Hutabarat Direktur Pelayanan Dan Fasilitas ASDP menjelaskan, pihak pelabuhan Bakauheni mengerahkan kapal take boat merak untuk melakukan evakuasi dengan cara menarik kapal ke arah belakang. Evakuasi semakin sulit karena  air laut yang surut hingga 1 meter petugas berhasil menarik kapal hingga lebih datu jam.

“kita kerahkan kapal untuk menarik buritan kapal agar kembali ke tengah, tapi kondisi lau sedang surut jadi agak sulit,” kata Cristine (31/12).

Kapal  Roro Mutiara Persada I mengalami kemiringan 10 derajat, karena belakang kapal kandas di kedalaman sekitar 50 CM. beruntung  peristiwa ini tidak menimbulkan korban jiwa namun 255 penumpang kapal panik karena takut kapal roboh ke kanan.

“saat peristiwa terjadi arus bawah laut mencapai 20 knot perjam diatas normal yang hanya 10 knot, proses evakuasi didampingi Basarnas dan Pol Airud Polda Lampung untuk mengantisiapasi adanya kecelakaan,” imbuh Cristine.

Salah satu penumpang yati menjelaskan, peristiwa ini mebuat penumpang menjadi panik, beruntung karamnyaa kapal tidak jauh dari pelabuhan Bakauheni.

“saya takut karena kapal sudah miring ke kanan, untung petugas datang,” kata Yati.

Pihak ASDP dan KSOP mengaku bahwa peristiwa tersebut murni kecelakaan yang disebabkan oleh alam. Nakhoda akan mendapatakan sangsi administrasi, sedangkan kapal Roro Mutiara Persada I diwajibkan untuk ancor sampai perbaikan sampai selesai agar dapat melayani pelayaran dimusim libur natal dan tahun baru ini.(mai/san)