Scroll untuk membaca artikel
Bandarlampung

Karomani Rektor Baru Unila

5
×

Karomani Rektor Baru Unila

Share this article

Radartvnews.com – Pemilihan Rektor Universitas Lampung (Unila) periode 2019-2024 memasuki puncaknya. Melalui sidang senat yang berlangsung tertutup ini, Profesor Karomani yang sebelumnya menjabat Wakil Rektor 3 Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, terpilih untuk memimpin Unila empat tahun kedepan.

Ketua senat Unila Profesor Heryandi menyampaikan, Karomani terpilih menjadi rektor dengan meraih suara sebanyak 61% atau 44 suara, sedangkan Bujang Rahman mendapat 30.56% atau 22 suara. Sementara M. Kamal hanya mendapatkan 8,33% atau 6 suara yang berasal dari 65% suara senat Unila serta 35% suara dari Kemenristek Dikti.

Sementara itu pejabat kuasa menteri Dr. Totok Prasetyo menyampaikan, terpilihnya Prof. Karomani merupakan hasil dari demokrasi yang jujur dan adil dari semua pihak yang terlibat. Selain itu sesuai aturan yang telah ditetapkan, Kemenristek Dikti memiliki hak suara sebanyak 35%.

Karena itu penilaian yang diberikan berdasarkan hasil rekam jejak para kandidat yang dilakukan sejak masa penjaringan. Mulai dari latar belakang pendidikan, administrasi keuangan, serta yang paling penting adalah kinerja serta kemampuan dalam mempresentasikan program kerja.

Sementara itu, usai ditetapkan menjadi rektor terpilih, Prof. Karomani menyampaikan, selain akan melanjutkan program pembagunan dari rektor sebelumnya, dirinya juga akan fokus menjalankan program visi misi yang telah dicanangkan dengan meningkatkan kualitas pendidikan, serta membawa Unila berdaya saing regional maupun internasional.

Sementara itu dalam sidang senat ini, Prof. Satria Bangsawan yang merupakan salah satu anggota senat tidak bisa memberikan hak suaranya karena tengah mengikuti workshop ekonomi dan bisnis di Finlandia. (kuh/rie)