Kearifan Lokal Dongkrak Produk Nasional

radartvnews.com- Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) Republik Indonesia menilai strategi pembangunan ekonomi padi jagung kedelai atau (Pajale) harus dirubah. Meskipun penting namun tak semua daerah memiliki produk Pajale.

Benny Pasaribu Ketua Pokja Pangan Kein RI, Sebagai penghasil Pajale kein mendorong Pemerintah Lampung meningkatkan produk namun Kein lebih mendorong Pemprov Lampung untuk meningkatkan produk kearifan lokal.

Seperti diketahui Provinsi Lampung memiliki tiga produk unggulan berkualitas dunia yang sudah diakui keunggulannya yakni lada, kopi robusta dan singkong namun sejauh ini produktivitas dan industrialisasinya dinilai belum maksimal.

Pemerintah Provinsi Lampung dan Pemerintah Kabupaten / Kota harus berperan aktif untuk memperhatikan produk kearifan lokal, jika tidak diperhatikan produk unggul kearifan lokal di Lampung terancam hilang.

Pemerintah Provinsi Lampung sendiri mengaku siap untuk meningkatkan produk unggulan kearifan lokal Lampung hal ini juga menjadi kesepakatan bersama dalam rapat koordinasi yang digelar di ruang rapat bappeda provinsi lampung, jumat pagi (18/5/2018).