Kenaikan Harga Bawang Dipicu Stok Barang Terbatas

Kenaikan Harga Bawang Dipicu Stok Barang Terbatas
Kenaikan Harga Bawang Dipicu Stok Barang Terbatas

radartvnews.com – Sejumlah komoditi bawang di Pasar Tradisional Kota Bandar Lampung hingga awal Agustus terpantau masih mahal. Seperti yang terpantau di Pasar Pasir Gintung Kota Bandar Lampung, Minggu pagi.

Salah satu pedagang bawang, Satiyem mengatakan bahwa sejak setengah bulan terakhir harga sejumlah komoditi bawang di pasaran meroket tajam. Tingginya harga bawang ini hampir merata pada harga bawang merah, bawang putih, dan bawang Bombay. Untuk harga bawang merah mencapai 45-50ribu rupiah. Bawang putih 38ribu rupiah dan bawang bombay 20ribu rupiah perkilo. Menurutnya kenaikkan harga bawang ini karena minimnya stok barang dari distributor.

Hal senada juga disampaikan Ari mengatakan bahwa akibat mahalnya harga bawang ini dirinya cukup kesulitan untuk menjual dagangannya. Pasalnya banyak konsumen yang mengeluhkan mahalnya harga. Kenaikkan harga bawang ini karena harga barang dari distributor sudah mahal. Untuk bawang merah modal yang dibeli dari distributor sudah mencapai 40ribu perkilo. Namun harga tersebut belum termasuk ongkos angkutan. Begitu juga dengan harga bawang lainnya yang mengalami kenaikkan yang sama.(liz/yu/cat)