Kompetisi Panah Berkuda Se-Lampung

Puluhan pecinta olah raga memanah sambil berkuda mengikuti lomba memanah sambil menunggangi kuda yang di gelar di PKOR Bandar Lampung minggu pagi. Kompetisi yang baru pertama kali di gelar di Provinsi Lampung ini dibagi menjadi berbagai kategori.

Untuk kategori memanah sambil berkuda tingkat pemula, peserta memacu kudanya dengan perlahan sejauh 30 meter dan melepaskan busur panah ke target yang telah di tentukan. Meski saat melepaskan bunuh panah kuda tak berlari kencang, namun hal ini tak membuat peserta mudah melepaskan anak panah ke target utama. Tak jarang dari mereka juga merasakan kesulitan karna harus fokus dan mengimbangi ritme kuda saat berjalan dalam lomba grenpirix 2 dpd perdana Lampung di ikuti 120 peserta yang terbagai dalam 83 pria, sisanya perempuan dan anak-anak. Lomba memanah tingkat Provinsi Lampung yang di laksanakan oleh Persatuan Pemanah Berkuda Indonesia (PERDANA) Lampung merupakan kali kedua dimana april lalu kegiatan serupa juga di laksanakan di Kabupaten Pringsewu.

Setelah lomba memanah berkuda tingkat pemula selesai, di lanjutkan dengan memanah sambil berkuda tingkat profesional di lakukan dalam lomba ini. Sebelum melepaskan busur panah, peserta memacu kuda sejauh seratus meter dengan hitungan di bawah 10 detik sambil melepaskan anak panah ke satu target yang di sediakan. Kecepatan dan ketepatan atlit dalam memanah sasaran menjadi poin penilaian panitia dan juri. Selain fokus, pengalaman menjadi kunci utama agar anak panah yang dilepaskan mengenai sasaran. Bagi peserta yang memperoleh poin tertinggi pihak panitia memberikan berbagai hadiah.

Ketua DPD Persatuan Pemanah Berkuda Lampung, Hanif mengatakan kegiatan ini diikuti enam komunitas se Provinsi Lampung. Lomba ini merupakan gebrakan dari kegiatan 3 bulan sebelumnya. Setelah sukses menggelar lomba memanah sambil berkuda tingkat Lampung, di harapakan kedepanya di laksanakan tingkat nasional.

Setelah lomba memanah sambil berkuda selesai, pihak panitia juga memperlombakan lomba panahan tradisional di berbagai tingkat baik dewasa ataupun anak-anak. Ratusan peserta mengikuti lomba ini. Sistem penilaian di tentukan dengan ketepatan busur panah yang di lepaskan oleh peserta. (Hen/Wo)