KRI Teluk Cirebon 543, Angkut 431 Pengungsi

KRI Teluk Cirebon 543, Angkut 431 Pengungsi

Radartvnews.com- Evakusi ke dua korban tsunami dari pulau sebesi dan pulau sebuku, Lampung Selatan menggunakan kapal  TNI KRI Teluk Cirebon 543. 431 warga tiba di pelabuhan panjang  pukul 18:00 WIB (27/12).

Dipilihnya pelabuhan panjang karena kapal TNI kesulitan untuk sandar di dermaga Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan. Beberapa warga yang kelelahan harus ditandu menuju ambulan.

Usai mendarat, pengungsi diangkut menggunakan bus menuju lokasi pengungsian di Lapangan Tinis Indor Kalianda, Lampung Selatan dimana sejumlah pengungsi sebelumnya  telah tiba sehari sebelumnya.

Sebagian pengusi akan melanjutkan perjalanan menuju kepulau jawa dan memilih mengungsi kesanak saudara hingga status Gunung Anak Krakatau kembali normal.” Saya mau nginep dulu ke Kalianda setelah itu mau lanjut ke jawa ngungsi tempat saudara,” kata Sarudin salah satu Pengungsi.

Sementara itu Danlanal Lampung Kolonel Laut Albertus Agung Priyo S menjelaskan, evakuasi akan terus dilakukan hingga situasi dipastikan aman. Sejauh ini masih terdapat 500 warga bertahan di pulau sebesi dan sebuku.

“evakuasi akan terus dilakukan hingga situasi dipastikan aman, sejauh ini masih terdapat 500 warga bertahan di pulau,” ungkap Albertus Agung Priyo.

Danlanal Lampung juga memastikan, TNI akan sipa membantu pengungsi hingga kondisi benar-benar aman.(sah/krp/san)