Lampung 12 Besar Zona Hoaks

Jelang Pemilu 2019 17 April Mendatang Bawaslu Bandar Lampung Mengelar Diskusi Bersama Jurnalis

radartvnews.com- Jelang  pemilu 2019 angka penyebaran berita hoaks di media sosial meningkat  dalam rapat kordinasi Bawaslu RI, Provinsi Lampung menempati urutan kedua belas sebagai daerah penyebaran berita hoaks jelang pemilu 2019. Hal tersebut di ungkapkan dalam seminar  bersama perwakilan jurnalis di Provinsi Lampung, selasa siang (26/3).

Komisioner Bawaslu Provinsi Lampung Iskardo P Panggar menjelasakan, dalam  rapat kordinasi yang di gelar di Jakarta, Provinsi Lampung masuk dalam kategori mengkhawatirkan dengan  peringkat 12 dari 34 provinsi sebagai daerah penyebar hoaks terbanyak.

Atas hal itu peran media sangat  penting untuk mengawal pemberitaan serta informasi yang berkembang di masyarakat.

“Provinsi Lampung masuk dalam kategori mengkhawatirkan dengan  peringkat 12 dari 34 provinsi sebagai daerah penyebar hoaks terbanyak,” kata Iskardo.

Provinsi dengan hoaks terbesar yaitu Papua barat, Yogjakarta, Sumatera barat, Maluku, Aceh, Sulawesi tenggara, Nusa tenggara timur, Sulawesi tengah, Sulawesi utara, NusaTenggara Barat, Papua, Lampung

“Melihat apa yang terjadi, Bawaslu RI bekerjasama dengan google dan facebook Indonesia melakukan pengawasan melalui sistem terhadap informasi mengenai kampanye di media sosial jelang pemilu 2019 saat ini,” imbuh Iscardo

Penyelenggara  kegiatan Bawaslu Bandar Lampung menjelaskan kegiatan ini merupakan langkah Bawaslu untuk bersama sama para awak media mengawal kampanye demokrasi yang saat ini berlangsung, serta menimalisir adanya informasi hoaks, ujaran kebencian dan politisasi sara, jelang hari pencoblosan 17 april 2019 mendatang.

Dengan memerangi hoaks, ujaran kebencian dan politisasi sara, kerawanan pemilu 2019 bisa di atasi dengan adanya kontrol dari masyarakat setiap mendapatkan sebuah informasi yang belum tentu kebenarnya.(ren/san)