Lomba Pekerja Konstruksi Jadi Tolak Ukur Pembangunan Insfrastruktur Provinsi Lampung

Lomba Pekerja Konstruksi Jadi Tolak Ukur Pembangunan Insfrastruktur Provinsi Lampung
Lomba Pekerja Konstruksi Jadi Tolak Ukur Pembangunan Insfrastruktur Provinsi Lampung

radartvnews.com – Asisten Bidang Ekonomi Pembangunan Adeham membuka Lomba Pekerja Konstruksi di Kantor Dinas Binamarga Provinsi Lampung, Selasa (11/10/ 2016). Kegiatan ini berlangsung selama 3 (tiga) hari (11-13 Oktober 2016) tersebut dihadiri pula Kepala Dinas Binamarga Budi Darmawan, Kepala Biro Adbang Zainal Abidin dan lainnya. Peserta lomba adalah para pekerja konstruksi yang dari LPJK Provinsi, Asosiasi, Serikat Pekerja/Paguyuban mandor yang direkomendasi / diusulkan oleh Pembina Jasa Konstruksi Provinsi Lampung.

Gubernur Lampung diwakili Asisten Bidang Ekonomi Pembangunan menyampaikan,Lomba ini juga menjadi tolok ukur pengembangan kemampuan para pekerja konstruksi yang ada di Kabupaten/ Kota se-Provinsi Lampung. Sehingga menjadi tolok ukur dalam pembangunan infrastruktur yang berkualitas menuju Provinsi Lampung yang maju dan sejahtera.
“Penyelenggaraan jasa konstruksi di Provinsi Lampung harus dapat berjalan sesuai dengan Undang-Undang Jasa Konstruksi. Tidak hanya proses pengadaannya memenuhi kaidah dan prinsip-prinsip pengadaan barang dan jasa. Namun juga menghasilkan output yang memenuhi standar mutu konstruksi yang diharapkan. Terlebih saat ini, jumlah tenaga konstruksi kompeten terus bertambah dan persaingan dalam Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) sudah berjalan. Hal ini menuntut percepatan ketersediaan tenaga kerja konstruksi yang kompeten di Indonesia,” kata Asisten.

Sejalan dengan kondisi tersebut, lanjut Asisten, dan guna meningkatkan produktivitas tenaga kerja konstruksi maka diselenggarakan Lomba Pekerja Konstruksi. Karena Prestasi terbaik adalah prestasi yang diperoleh dengan cara sportif dan tetap menghargai kelebihan dan kekurangan Iawan,” ujar Asisten.

Ditambahkan Asisten, Gubernur mengharapkan hasil lomba pekerja konstruksi ini dapat dipublikasikan secara lebih Iuas. Sehingga dapat dilihat bahwa pekerja konstruksi di Provinsi Lampung, mempunyai kompetensi yang membanggakan, baik dari sisi pengetahuan, keterampilan maupun sikap kerja. Sehingga layak dan mampu bersaing di kancah nasional bahkan Internasional.

Sementara Kepala Dinas Binamarga Provinsi Lampung Budi Darmawan, ST. MT dalam laporannya menyampaikan Lomba Pekerja Konstruksi dalam rangka turut memberikan apresiasi kepada para pekerja konstruksi dengan memanfaatkan momentum Konstruksi Indonesia 2016. Diharapkan dengan upaya peningkatan kemampuan SDM Sektor Jasa Konstruksi di Bidang Keterampilan yang dlwujudkan dalam Lomba Pekerja Konstruksi ini, para tenaga kerja konstruksi dapat bersaing secara sehat dalam meningkatkan kompetensi kerja sesuai bidang kerja yang digelutinya, sehingga dapat meningkatkan tenaga terampil yang kompeten dari para pekerja konstruksi.

Kepala Biro Adbang Zainal Abidin yang merupakan Sekretaris Pembina Jasa Konstruksi Provinsi Lampung, juga menambahkan Lomba Pekerja Konstruksi ini bertujuan untuk meningkatkan jejaring kerja (networking) antara para pelaku konstruksi dan pembinaannya ditingkat kota/kabupaten maupun tingkat provinsi.

Dengan terselenggaranya kegiatan ini diharapkan dapat mendukung perkuatan institusi daerah dengan mendorong pembentukan asosiasi/paguyuban untuk tukang dan mandor sebagai wadah berhimpunnya para pekerja konstruksi dalam memperjuangkan kepentingan serta meningkatkan kualitas diri dan sekaligus sebagai wadah untuk bertukar lnformasi maupun mendapatkan informasi bursa kerja jasa konstruksi. (Rls/Min)